10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

PLN Distribusi Jawa Timur Gelar PLN Kite Festival 2017

Banyuwangi, (23/9), KabarGRESS.com – Menjaga keandalan jaringan listrik adalah tanggung jawab utama PT PLN (Persero). Seperti yang diketahui, gangguan jaringan listrik dapat berasal dari keberadaan layang-layang yang berada dekat di jaringan listrik. Hal tersebut sangat berpotensi untuk membahayakan jaringan listrik termasuk juga para pemain layang-layang.

PLN Distribusi Jawa Timur untuk kedua kalinya akan kembali mengadakan kegiatan Festival Layang-Layang bertajuk PLNKite Festival pada tanggal 23 September 2017. Adapun kegiatan ini merupakan strategic action PLN yang diharapkan mampu mengintegrasikan kepentingan perusahaan dan stakeholder terkait. PLN Distribusi Jawa Timur kali ini bekerjasama dengan masyarakat serta pemerintahan setempat, diantaranya adalah PEMDA, Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi serta masyarakat umum. Kegiatan ini diadakan di Pantai Cacalan Kota Banyuwangi, mengingat di area Banyuwangi tercatat beberapa gangguan jaringan yang disebabkan oleh adanya layang-layang di sekitar jaringan listrik.

Dimulai dengan penampilan dari tarian Jejer Gandrung, acara dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia dari Pokdawis Cacalan Mamet Hariyanto kemudian sambutan dari G. Wisnu Yulianto selaku Manajer Komunikasi, Hukum dan Administrasi PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur yang mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Pemda dan Dinas terkait dalam penyelenggaraan kali ini.

“Nantinya, akan ada grup komunikasi antara PLN dengan komunitas layang – layang yang ada di Banyuwangi. Hal ini sebagai tindak lanjut forum edukasi, jadi tidak berhenti di event ini saja,” jelasnya.

Yusuf widyatmoko (red: wakil bupati banyuwangi) pun mengamini hal yang sama. “Event ini menjadi sarana yang bagus untuk membangun awareness atau kesadaran bahwa sudah bukan saatnya lagi bermain layangan dekat jaringan listrik. Dengan menjaga aset vital seperti jaringan listrik, kita turut menjaga keandalan pasokan listrik di Kabupaten Banyuwangi ini,” ungkapnya.

Selain PLN Kite Festival dan lomba – lomba lainnya, dilaksanakan pula penandatanganan komitmen antara PLN dengan komunitas pecinta layang-layang dan PEMDA setempat. Harapannya, masyarakat dapat menerima edukasi dari PLN seputar bahaya layang-layang jika dimainkan disembarang tempat seperti jaringan listrik atau objek vital lainnya. Penyerahan 100 bibit pohon cemara udang serta 8 bak sampah secara simbolis sebagai bentuk kepedulian PLN dengan pelestarian lingkungan. (ro)