10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

PAKDE KARWO BUKA TURNAMEN FUTSAL PIALA GUBERNUR 2017

Surabaya , KabarGress.com -.Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo membuka secara resmi turnamen futsal antar kelompok kerja (POKJA) wartawan guna memperebutkan Piala Gubernur Jatim Tahun 2017 di lapangan Futsal Gool Mangga Dua, Jl. Jagir Surabaya, Selasa (19/9/2017).

Pembukaan diawali dengan tendangan penalti Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim yang sukses dikonversi OLEH SIAPA menjadi gol ke gawang yang dijaga oleh Tunggal, kiper dari Pahlawan FC, pokja …….., salah satu tim peserta. Keberhasilan Pakde Karwo mencetak gol tersebut disambut meriah para peserta dan penonton.

Dalam sambutannya, Pakde Karwo mengatakan, tujuan digelarnya turnamen ini adalah memperingati Hadi Jadi Provinsi Jatim ke-72, sekaligus sebagai ungkapan terima kasih kepada para wartawan yang ikut berkontribusi aktif dalam menjaga situasi aman dan nyaman di Jatim.

“Peran media, menurut statistik, telah memberi kontrbusi paling aman dan nyaman di Jatim. Terima kasih telah menjaga dinamika Jatim dengan luar biasa, tidak direm, tapi juga tidak keblabasan. Dinamika tetap ada, tapi berkat peran media, Jatim tetap aman dan nyaman” pujinya.

Ditambahkan, wartawan dan masyarakat Jatim punya ciri khas yaitu memiliki jiwa petarung, karena itu, Pakde Karwo berpesan agar media mampu menjaga dinamika di Jatim dengan bijak. “Ibaratnya, jangan dikasih balok es karena dingin sekali, Tapi juga jangan dibakar di rumput yang mudah terbakar. Jadi kelola dinamika itu dengan baik” tambahnya.

Dalam kesempatan sama, Pakde Karwo mengatakan turnamen tsb sebagai cermin atau citra dari wartawan. Karena itu, Pakde meminta agar seluruh peserta mamppu menjaga semangat sportivitas dan kekompakan. “Bermainlah dengan sungguh-sungguh tapi juga jaga sportivitas dan kekompakan. Jika sedikit saja agak emosional, apalagi sampai ricuh , maka penilaian masyarakat akan tidak bagus” pesannya.

Jika penyelenggaraan turnamen ini sukses, lanjut Pakde Karwo, kedepan dirinya akan menggelar turnamen ini dengan skala lebih besar. “Saya berharap pesertanya seluruh 38 kabupaten/kota agar lebih ramai. Selamat bertanding, semoga sukses. Futsal Jaya!! Jawa Timur Jaya Luar Biasa!!” pungkasnya.

Sementara itu, ketua panitia turnamen yang juga menjadi ketua Pokja wartawan Pemprov Jatim, Fiqih Arfani memberikan apresiasi atas terselenggaranya turnamen ini. “Selama 72 tahun Jawa Timur ada, baru sekarang digelar turnamen futsal ini. Semoga tahun-tahun berikutnya tetap berlanjut. Terima kasih Pakde” pujinya.

Fiqih menjelaskan, turnamen ini digelar selama sebulan, dimulai 19 September hingga 10 Oktober 2017, diikuti sebanyak 16 pokja wartawan dari seluruh Jatim, dan total hadiahnya sebesar Rp. 35 juta. Meski digelar pertamakali, antusiasme wartawan sangat tinggi hingga pihaknya terpaksa menolak pokja wartawan lain karena quota peserta yang tersedia hanya 16 tim.

“Karena itu, kami berharap tahun 2018 pesertanya dapat bertambah, apalagi Pakde Karwo masih menjabat sebagai gubernur. Semoga gubernur selanjutnya setelah Pakde Karwo juga suka futsal dan dekat dengan wartawan seperti beliau, sehingga tahun 2019 turnamen ini tetap ada” harapnya.

Futsal Olahraga Favorit Wartawan

Memberikan sambutan, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim, Ahmad Munir mengatakan, futsal merupakan olahraga favorit dari rekan-rekan wartawan. Karena itu, hadirnya turnamen ini disambut dengan baik oleh wartawan.

“Kami punya jadwal rutin latihan futsal tiap hari selasa dan jumat, serta komunitas-komunitas wartawan yang hobi futsal. Komunitas itu menyebar di pos masing-masing wartawan, dan seluruh pos tersebut, khususnya yang ada di Surabaya dan sekitarnya seluruhnya ikut dalam turnamen ini” katanya.

“Kami harap sportivitas harus dijunjung, menang atau kalah itu biasa. Jagalah marwah wartawan, jagalah profesi kita, jangan berbuat hal negatif. Selamat bertanding” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin , Sekdaprov Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi, para kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim, ratusan supporter, serta puluhan wartawan yang meliput. (hery)