10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

PAKDE KARWO DAMPINGI PANGLIMA TI ZIARAH KE MAKAM GUS DUR

Jombang, KabarGress.com -Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo mendampingi Panglima TNI Republik Indonesia, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berziarah ke makam Presiden Indonesia ke-4, KH. Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur. di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jalan Irian Jaya No. 10 Tebuireng, Diwek, Kab. Jombang, Senin (18/9).

Ziarah diawali dengan penghormatan, mengheningkan cipta dan meletakkan karangan bunga. Kemudian, penghormatan akhir dan ditutup dengan doa.

Kepada media, Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, tujuan ziarah untuk mengingatkan seluruh pihak, terutama jajaran TNI agar meneladani jiwa pejuang dari para kiai dan santri yang tidak takut mati ketika melawan penjajah dan sekutu pada 10 November 1945 lalu.

“Waktu itu, kiai dan santri bersatu dengan TNI bersama-sama melawan Inggris dan sekutunya. Inilah yang dikatakan bahwa bangsa ini tidak takut mati. Perlu saya ingatkan, bahwa yg membunuh pimpinan musuh, yakni Brigadir Jenderal AWS Mallaby bukanlah TNI, tapi santri membunuh” katanya.

Hadir dalam kesempatan ini, Wakil Pengasuh Ponpes Tebu Ireng, KH. Kikin Abdul Hakim atau yang akrab disapa Gus Kikin, Gus Lukman, serta para pimpinan dan pasukan TNI. (hery)