KILAS BUDAYA , MAS KELANA BERTANDANG KE KASULTANAN HADININGRAT

Yogjakarta , KabarGres .com – Dalam rangka kilas budaya Ketua DPD Partai Hanura Jawa Timur , Calon Wakil Gubernur  dalam pilgub Jawa Timur 2018 bertandang ke Kasultanan Ngayogjakarta Hadiningrat , Rabu malam (6/9/2017).

Mas Kelana yang juga sebagai Paranporo / Pemerhati budaya Jawa Timur diterima GBPH Drs. Yudaningrat, MSi. Pertemuan Mas Kelana bersama GBPH Yudaningrat, berlangsung rilex, akrab. Pertemuan bersifat biasa tidak ada yang khusus.

” Pertemuan saya dengan Beliau GBPH Yudaningrat bersifat umum. Kita hanya berbicara soal kebudayaan, dan kesenian tradisional sebagai kearifan lokal. Tidak membahas politik ,ataupun Partai ,” aku Mas Kelana , Kamis pagi (7/9/2017).

GBPH Yudaningrat , yang ahli memainkan gamelan , alat – alat kesenian tradisional , dan sebagai Paranporo nasional mengapresiasi kunjungan budaya dilakukan Mas Kelana Aprilianto. Sebagai penghormatan atas kunjungan pimpinan teras Partai Hanura Jawa Timur , GBPH Yudaningrat memperkenalkan satu persatu pusaka peninggalan Kasultanan Ngayogjakarta hadiningrat .

Antara lain, yang diperkenalkan kepada Mas Kelana , Kereta Kencana , kendaraan Sri Sultan Hamengkubuwono, alat – alat gamelan tradisional yang sampai saat ini terawat sangat baik. Mas Kelana, mengaku terkesan pengenalan alat kesenian.

” Terus terang saya sangat terkesan dengan alat kesenian milik Kasultanan ini ,” tutur Mas Kelana. Setelah diajak keliling komplek Kasultanan, GBPH mengajak Mas Kelana ke Kediaman GBPH Yudaningrat dikomplek Kasultanan.

Dalam kesempatan bertemu itu , kedua tokoh ini lebih banyak menyinggung seni budaya, ditanah air. Dimana selaku Paranporo Nasional GBPH Yudaningrat, menurut Mas Kelana banyak berbagi informasi , serta masukan – masukan perkembangan seni ,budaya .

Masukan maupun sharing seni budaya dari GBPH Yudaningrat, tutur Mas Kelana sangat berarti yang nantinya dapat dilaksanakan di Jawa Timur. ” Banyak masukan yang saya dapatkan dari GBPH Yudaningrat tentang perjalanan seni budaya . Masukan yang saya terima nantinya bisa saya teruskan yeng penguatan kesenian dan budaya tradisional di Jawa Timur, ” tegas Mas Kelana Aprilianto, Calon Wakil gubernur Jawa Timur. (hery)

 

Leave a Reply


*