10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

INFORMA Terus Hadirkan Layanan Inovatif untuk Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Surabaya, September 2017, KabarGRESS.com – Sebagai pusat furnitur dan aksesoris terlengkap untuk hunian dan bisnis, INFORMA terus meningkatkan jaringan layanan disertai dengan transformasi digital. Hal tersebut diharapkan mampu memberikan nilai lebih kepada pelanggan setia saat berbelanja.

Nana Puspa Dewi, Marketing Director Kawan Lama Group, mengatakan ”lnovasi merupakan bagian dari strategi perusahaan kami untuk merebut hati pelanggan. Sebagai destinasi ritel furnitur yang telah hadir selama 13 tahun di Indonesia, kami terus mempelajari kebutuhan pelanggan melalui survey internal dan eksternal. Hasilnya, pelanggan tidak hanya mengutamakan kualitas dan variasi produk dengan harga kompetitif dan pelayanan staf profesional, namun layanan purna jual juga menjadi kebutuhan yang penting. Berangkat dari hal tersebut kami berupaya menghadirkan dan mengembangkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan
pelanggan baik layanan utama maupun tambahan secara berkelanjutan”.

INFORMA menghadirkan berbagai layanan utama yang bisa dinikmati secara langsung sebagai jaminan berbelanja kepada pelanggan, seperti Quality & Price Guarantee yaitu jaminan harga tidak lebih tinggi dari ritel furnitur Iain yang berlaku selama 14 hari terhitung sejak tanggal pembelian produk. Jika pelanggan membeli produk di INFORMA namun ternyata tidak sesuai, layanan 100% Satisfaction Guarantee bisa dinikmati yaitu pengembalian produk dalam jangka waktu 14 hari sejak tanggal pembelian. Melengkapi kemudahan berbelanja, jasa Free Delivery & Installation bisa digunakan pelanggan setiap transaksi dengan nominal dan jarak tertentu. Untuk mendapatkan hunian atau tempat bisnis yang serasi sesuai dengan luas ruangan, pelanggan bisa memanfaatkan Gratis Jasa Konsultasi dengan desainer interior profesional.

Sebagai layanan tambahan, INFORMA menghadirkan berbagai service product yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pelanggan, dimulai dari perlindungan produk yang dibeli di INFORMA seperti Furniture Protection yaitu perlindungan hingga 2 tahun terhadap produk furnitur dengan premi terjangkau akibat kerusakan karena kecelakaan yang tidak disengaja, kerusakan karena air, kebakaran, kerusuhan, pembobolan hingga bencana alam. Untuk produk elektronik, pelanggan bisa memanfaatkan jasa Electronic Protection yang memberikan jaminan hingga tahun kelima berupa penggantian biaya perbaikan dan suku cadang terhadap produk yang mengalami kerusakan sesuai dengan jaminan garansi dari pabrik.

INFORMA memperhatikan kebersihan untuk hidup yang Iebih baik dan sehat, dengan menghadirkan Clean & Care yaitu jasa pembersihan matras dan sofa dari tungau, debu, bakteri, virus dan mikro organisme lainnya agar Iebih higienis sehingga menghindari pengguna dari gejala alergi seperti kulit gatal, mata berair, bersin, hidung gatal dan batuk, serta penyakit ekstrim seperti peradangan mukosa (Iapisan organ tubuh) dan asma. SeIain matras dan sofa, Clean & Care juga memberikan jasa pembersihan AC. Tidak sekedar dibersihkan, namun AC akan diberikan cairan khusus untuk menekan pertumbuhan jamur dan mencegah bau.

Layanan terbaru yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan INFORMA adalah Pick and Move yaitu jasa bongkar pasang khusus untuk produk lNFORMA bagi pelanggan yang ingin pindah rumah atau pindah lokasi. Sedangkan untuk kemudahan bertransaksi, INFORMA menghadirkan fasilitas cicilan 0% hingga 24 bulan menggunakan kartu kredit dari bank partner, atau menggunakan cicilan tanpa kartu kredit menggunakan lembaga pembiayaan terpercaya.

INFORMA juga memberikan reward dan kemudahan melalui program Membership yaitu INFORMA Rewards dengan keuntungan antara lain point setiap belanja nominal tertentu, penukaran point dengan voucher ataupun produk menarik, belanja Iebih hemat dengan point (pay with point), diskon khusus Member untuk produk dan service, gratis layanan antar dan instalasi serta promo khusus di merchant partner lnforma.

Selain layanan offline, INFORMA juga meningkatkan pelayanan melalui teknologi digital, yaitu dengan meluncurkan Aplikasi​ Mobile INFORMA akhir tahun lalu. Pungkas Riandika, Head of Digital Marketing Kawan Lama Retail, menjelaskan “MelaIui survey dan analisa media sosial terkait kebutuhan pelanggan, kami melihat peningkatan yang cukup signifikan terhadap penggunaan gadget dan media online dari tahun ke tahun. Memahami perubahan perilaku pelanggan ini, kami meIakukan transformasi digital secara bertahap melalui penggunaan digital tools untuk memperkuat posisi kami di dunia digital, dan pelayanan e-commerce melalui Ruparupa (www.ruparupa.com). Untuk melengkapi transformasi tersebut kami menghadirkan aplikasi mobile untuk dimanfaatkan tidak hanya oleh member kami yang saat ini sudah berjumlah hampir 900 ribu orang, namun juga oleh pelanggan secara keseluruhan melalui beragam fitur penting yang bisa diakses kapan dan dimana saja.”

Dengan mengunduh aplikasi mobile INFORMA melalui playstore bagi pengguna Andorid dan App Store bagi pengguna iOS, pelanggan bisa Iebih dekat dengan produk INFORMA melalui fitur pengiriman dan instalasl yang dapat membuat pelanggan menggunakan waktunya dengan Iebih efisien karena bisa mementau langsung status perjalanan untuk proses antar dan instalasi barang. Sebagai masukan untuk peningkatan pelayanan, pelanggan juga dapat memberikan rating dan komentar terkait performa proses pengiriman dan instalasi langsung di instansi mobile yang akan ditindaklanjuti jika dibutuhkan.

Pungkas menambahkan “Pada awal peluncuran Aplikasi Mobile INFORMA, fitur ini hanya bisa digunakan oleh pelanggan kami di Jabodetabek. Namun untuk pelayanan yang Iebih menyeluruh, saat ini fitur pengiriman dan instalasi sudah bisa digunakan oleh seluruh pelanggan INFORMA di seluruh lndonesia”.

Fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan pada aplikasi adalah katalog yang disertai dengan notifikasi promo istimewa untuk menemukan momen belanja hemat, kemudahan menemukan toko terdekat dengan panduan untuk tiba di tujuan, serta digital customer care yang akan membuat pelanggan seperti memiliki asisten pribadi yang dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk dan Iayanan melalui online chatting, e-mail, SMS dan telepon. Selain melalui aplikasi mobile, saat ini INFORMA juga meluncurkan nomor telepon 1500382 yang​ bisa dihubungi oleh pelanggan di seluruh Indonesia untuk setiap bantuan informasi yang diperlukan. (ro)