10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

BEI Resmikan Kembali Pusat Informasi Go Public di Surabaya

SurabayaKabarGRESS.com – Pasar Modal Indonesia terus berkembang menjadi salah satu alternatif potensial bagi pengembangan bisnis perusahaan di tengah terbatasnya pendanaan dari sektor perbankan. Jumlah dana yang dihimpun perusahaan dari pasar modal yang terus meningkat menunjukkan peningkatan peran pasar modal dalam memenuhi kebutuhan pendanaan bagi banyak perusahaan di Indonesia.

Agar semakin banyak perusahaan memanfaatkan peluang memperoleh pendanaan, Bursa Efek Indonesia (BEI) terus fokus melakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi kepada kalangan dunia usaha di seluruh Indonesia. Selain memberikan edukasi dan sosialisasi, BEI juga siap memberikan layanan konsultasi tentang cara perusahaan memperoleh pendanaan di pasar modal melalui Pusat Informasi Go Public.

Pada hari ini BEI meresmikan kembali Pusat Informasi Go Public di Surabaya yang terletak di Gedung BEI, Jalan Taman Ade Irma Suryani Nasution Nomor 21. Acara peresmian ini dihadiri Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Anggota Dewan Komisioner sekaligus Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Hoesen, Kepala Kantor Regional 4 Jawa Timur OJK, Sukamto, Direksi Self Regulatory Organizations serta perwakilan dari Perusahaan Tercatat, Anggota Bursa dan pelaku industri jasa keuangan di Jawa Timur.

Menurut Direktur Utama BEI, Tito Sulistio, tujuan dari didirikannya Pusat Informasi Go Public Surabaya ini adalah untuk memberikan sarana dan kesempatan yang luas kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam memperoleh informasi teknis tentang apa dan bagaimana go public secara komprehensif, dari mulai manfaatnya, persyaratannya, prosesnya, bagaimana mempersiapkannya, dan sebagainya. Kehadiran Pusat Informasi Go Public ini diharapkan memberikan dampak positif berupa kehadiran lebih banyak perusahaan dalam memanfaatkan peluang pendanaan dari pasar modal untuk pengembangan usaha.

Seiring meningkatnya minat perusahaan di dalam negeri untuk menjadi perusahaan publik, diharapkan bisa menyemarakkan perdagangan saham di Pasar Modal Indonesia. “Dengan demikian Pasar Modal Indonesia dapat menjadi cerminan maupun tolak ukur bagi kemajuan perekonomian Indonesia,” ujar Tito, Selasa (29/8/2017).

Pusat Informasi Go Public Surabaya terbuka untuk umum dari Senin hingga Jumat dengan jam operasional dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, dan dapat dihubungi melalui nomor telepon 031 -5340888, faksimile 031-5342888 atau melalui alamat email gopublic@idx.co.id.

Public Expose Marathon Surabaya

Peresmian kembali Pusat Informasi Go Public di Surabaya ini juga bertepatan dengan dimulainya Public Expose Marathon yang diikuti oleh 16 Perusahaan Tercatat yang tercatat di BEI. Acara tersebut akan dilangsungkan pada 29 sampai dengan 30 Agustus 2017 di Lantai 6 dan 7 Gedung BEI Surabaya.

Ke-16 Perusahaan Tercatat yang akan melaksanakan Public Expose Marathon di Surabaya tersebut adalah PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk, PT Kalbe Farma Tbk, PT Bumi Serpong Damai Tbk, PT AKR Corporindo Tbk, PT PP Properti Tbk, dan PT Timah (Persero) Tbk. Perusahaan Tercatat lainnya adalah PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk, PT Cardig Aero Services Tbk, PT Cikarang Listrindo Tbk, PT Vale Indonesia Tbk, PT Cahayasakti Investindo Sukses Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Gudang Garam Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (ro)