Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa UMSurabaya Berdayakan Ibu-Ibu Lewat Usaha Loundry

Surabaya, KabarGRESS.com – Pemerintah kota Surabaya sejak 2013 sudah menutup tiga Iokalisasi di kota Surabaya. Salah satunya adalah Iokalisasi Tambak Asri di Kecamatan Krembangan. Akibat dari hal tersebut, beberapa usaha telah berdiri dengan harapan ada alih pekerjaan yang lebih berkah dan produktif.

Salah satu usaha yang berdiri dan tetap eksis adalah rumah loundry milik Bu Ririn. Usaha yang sudah berdiri lama ini merupakan bukti bahwa proses alih pekerjaan mampu dilakukan. Dalam menopang usaha tersebut, beberapa dosen dan mahasiswa UMSurabaya melakukan pendampingan. Sebuah pendampingan berkala yang diharapkan mampu membuat usaha tersebut eksis dan semakin produktif.

Beberapa dosen yang telibat adalah Mahsun Jayadi, Radius Setiyawan, Junaidi Fery dan Arin Setyowati. Sedangkan mahasiswanya adalah Winda Milawati dan Anis Alfatul Rosidah.

Mahsun Djayadi menjelaskan bahwa apa yang dia Iakukan bersama tim adalah upaya untuk menciptakan masyarakat mandiri. Bisnis mandiri adalah upaya untuk menopang kemandirian. “Kami bersama tim dan beberapa mahasiswa UMSurabaya berusaha sekuat tenaga untuk membantu agar bisnis loundry Bu Ririn bisa tetap eksis,” tandasnya.

“Beberapa pelatihan sudah kami lakukan, seperti managemen keuangan dan pelatihan managemen kerja. Harapannya mereka mampu berkembang dan konsisten dalam berbisnis. Selain pelatihan, kami juga memberikan alat produksi berupa mesin cuci, harapannya mampu meningkatkan produktifitas,” lanjutnya.

Radius Setiyawan, anggota tim yang juga dosen UMSurabaya menambahkan bahwa ini bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi, yakni pengabdian. Sebelumnya memang dilakukan riset tentang hal tersebut. Dari hasil riset kami lanjutkan untuk melakukan langkah kongkrit yakni memberdayakan usaha kecil agar mampu eksis dan bertahan. Selain melakukan pelatihan, kami juga melibatkan mahasiswa untuk aktif terlibat. Salah satu hal​ yang dilakukan mahasiswa adalah menerapkan hasil temuan inovasi mereka langsung ke masyarakat.

Winda Milawati mahasiswa Pandidikan Biologi manjelaskan bahwa temuannya tentang deterjen aIami dari buah Ierak diharapkan mampu memberi manfaat pada usaha Ioundry bu Ririn. Selain itu, dia juga mengungkapkan bahwa ini adalah agenda yang berguna karena dia Iangsung meIakukan pembelajaran di masyarakat. SeIain kemampuan intelektual mahasiswa juga penting untuk mempunyai kepekaan sosial terhadap lingkungan. “Kami senang dan bahagia dapat berbagi dengan masyarakat,” katanya. (ro)

Leave a Reply


*