10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

General Motors Mengintegrasikan Struktur Bisnis Chevrolet di Kawasan Asia Tenggara

Ian Nicholls ditunjuk sebagai President GM Southeast Asia

Bangkok, KabarGRESS.com – General Motors hari ini mengumumkan sebuah struktur bisnis yang sepenuhnya terintegrasi di Asia Tenggara guna dapat lebih fokus pada pelanggan, meningkatkan penjualan Chevrolet dan meningkatkan profitabilitas.

“Seiring dengan terjadinya perubahan pada industri secara berkesinambungan, kami mentransformasikan bisnis kami, menjadikan GM sebagai perusahaan yang lebih fokus dan disiplin”, ujar Stefan Jacoby, GM Executive Vice President and President of GM International. “Secara global, kami berada di pasar yang tepat untuk mendorong profitabilitas, memperkuat kinerja bisnis dan memanfaatkan peluang pertumbuhan jangka panjang, termasuk di kawasan Asia Tenggara. Saat ini kami mengoptimalkan kegiatan operasional kami untuk lebih meningkatkan daya saing dan efisiensi”.

Ian Nicholls telah ditunjuk sebagai President GM South East Asia, efektif mulai 1 September. Ian Nicholls akan berkedudukan di Bangkok dan melapor ke Stefan Jacoby. Dengan pengalaman hampir 3 dekade dimana 27 tahun diantaranya bersama GM, Ian Nicholls akan membawa banyak pengalaman yang sangat luas dalam hal product planning, sales dan marketing ke dalam peran barunya. Di antara tugas-tugas sebelumnya adalah posisinya sebagai Global Segment Director untuk truck dan pickup di GM Amerika Serikat (AS). Saat ini ia menjabat sebagai President and Managing Director GM Sub-Saharan Africa.

“Ian adalah pemimpin global yang benar-benar berpengalaman,” sambung Stefan Jacoby. “Dibawah kepemimpinan Ian, kami akan melakukan konsolidasi dan menyederhanakan struktur bisnis kami guna memperkuat fokus kepada pelanggan, memperkuat brand Chevrolet dan meningkatkan penjualan. Dengan satu pimpinan regional menggantikan empat managing director dan sebuah tim kepemimpinan baru, Ian akan menerapkan struktur yang lebih ramping, sangat fokus pada bisnis dan membentang dari Thailand, Indonesia, Vietnam sampai dengan pasar-pasar distributor di bawah satu visi regional yang strategis”.

Stefan Jacoby menambahkan,“ Asia Tenggara merupakan pasar yang penting bagi GM. Kami memproduksi berbagai produk di kawasan ini, termasuk pikap yang memperoleh penghargaan dan SUV di pabrik kami di Rayong, Thailand. Chevrolet Colorado dan Trailblazer sangat penting untuk pasar ini dan juga untuk kebutuhan ekspor.”

“Struktur bisnis yang terkonsolidasi akan memungkinkan kami memanfaatkan kemampuan regional untuk meningkatkan efisiensi, mempercepat proses pengambilan keputusan dan mengurangi birokrasi,” kata Ian Nicholls. “Ini juga akan semakin mempertajam fokus kami pada inovasi untuk memberikan produk dan layanan terbaik serta menciptakan bisnis yang sepenuhnya kompetitif secara regional. Dengan basis produksi yang kuat, penerimaan pelanggan yang positif terhadap produk-produk kami di seluruh wilayah dan bisnis ekspor yang terus berkembang, kami berada pada posisi yang kuat guna memanfaatkan peluang bisnis di Asia Tenggara. ”

Sumito Ishii, yang saat ini menjabat sebagai Managing Director GM Vietnam dan pejabat sementara dari Managing Director GM Thailand dan Chevrolet Sales Thailand, akan menjadi Vice President Sales, Service and Marketing (VSSM) untuk GM Southeast Asia. Ia akan membantu Ian Nicholls dengan kegiatan supervisi tim penjualan, pemasaran dan purna jual di Thailand, Indonesia dan Vietnam. Ia juga akan mengawasi kegiatan distributor GM yang berada di pasar Asia Tenggara, di mana GM beroperasi dengan para mitra lokal (Brunei, Kamboja, Fiji, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Kaledonia Baru, Filipina, Singapura, Tahiti dan Vanuatu).

Setelah bergabung selama 20 tahun di perusahaan, President Director GM Indonesia Gaurav Gupta akan meninggalkan GM. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Gaurav atas kontribusinya yang besar terhadap GM di kawasan ini, khususnya  di Indonesia dan sebelumnya di Vietnam, di mana ia telah melakukan transformasi  bisnis Chevrolet kami secara nyata dengan keberhasilan dalam peluncuran kendaraan-kendaraan model baru, restrukturisasi jaringan dealer dan penguatan brand,” kata Stefan Jacoby. “Saya berharap ia sukses dalam karir masa depannya.” (ro)