AKHMAD ZAINI BERSAMA ULAMA MEMBANGUN KABUPATEN BANGKALAN

 

Bangkalan yang secara geografis berada diutara kota Surabaya dibatasi selat Madura ini masih belum banyak perubahan. Berdasar data Kabupaten Bangkalan merupakan salah satu daerah miskin di provinsi Jawa Timur. Lalu, apa faktor penyebabnya ?. Berikut wawancara KabarGress.com dengan salah satu bakal calon Bupati Akhmad Zaini , SH , MH.

Apa yang hendak anda lakukan untuk kabupaten Bangkalan ,bila dipercaya rakyat memimpin ?.

Tentu sangat banyak. Ada banyak gagasan sebagai pijakan program nanti yang akan saya lakukan untuk memberikan harapan nyata bagi rakyat Bangkalan, sekaligus membawa kabupaten Bangkalan lebih baik, sejajar dengan kabupaten lain.

Antara lain, bersifat fisik adalah revitalisasi infrastruktur. Pembangunan jalan poros desa, jalan kabupaten, saluran atau draenase desa, beserta infrastruktur lainnya. Sebab selama ini sebagaimana kita lihat bersama pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bangkalan masih belum merata. Padahal infrastruktur peranannya sangat strategis bagi suatu daerah, seperti di Kabupaten Bangkalan.

Dampak positifnya sangat banyak yang bisa dirasakan oleh masyarakat dengan infrastruktur jalan yang bagus. Ekonomi bisa bergerak , kegiatan maupun aktifitas sehari – masyarakat dapat berjalan dinamis.

Bisa dijelaskan secara spesifik selain infrastruktur jalan , apalagi ?.

Tentu secara bertahap banyak yang akan dilakukan untuk penguatan infrastruktur, sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di Bangkalan sebagai langkah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya ialah rehabilitasi , dan pembangunan pasar tradisional, di wilayah Bangkalan. Teknisnya rehabilitasi pasar yang layak , tidak kumuh ,dan mampu menggeliatkan roda ekonomi masyarakat Kabupaten Bangkalan dilakukan secara bertahap. Dan masalah penguatan infrastruktur pasar menjari konsen saya untuk membanguna masyarakat Bangkalan sejahtera. Termasuk membumikan UMKM.

Konsep penguatan program UMKM ,seperti apa. Bisa dijelaskan detailnya, supaya masyarakat mengetahui ?.

Kita di Bangkalan punya industri batik tulis Madura . Industri , pengrajin batik tulis Madura merupakan kekayaan Madura saat ini masih terpusatkan di daerah Tanjungbumi. Kondisinya, saat ini masih stagnan, karena belum mendapat back up dari pemerintah.

Saya pingin nantinya membantu mensuport para pengrajin agar batik tulis Tanjungbumi bisa tumbuh dan berkembang membumi dikabupaten Bangkalan. Tentunya, upaya yang akan saya lakukan untuk menumbuhkan minat melestarikan batik tulis ditengah masyarakat, juga bakal dibangun semacam pusat atau sentra – sentra batik plus bersama gerai penjualannya.

Lalu bagaimana dengan soal pendidikan ?

Erat kaitanya dunia pendidikan, dikabupaten Bangkalan khususnya pendidikan dasar, SD, SMP tetap harus disukseskan. Sebab pendidikan adalah hak dasar. Maksud saya untuk mensukseskan program pendidikan umum nanti tetap harus bersinergi dengan Madrasyah, Tsanawiyah dan Aliyah yang dikelola oleh Pondok Pesantren.

Fasilitas pendidikan ,seperti gedung sekolah beserta fasilitas yang lainnya harus diberikan perhatian. Termasuk memberikan subsidi pada lembaga pendidikan yang dikelola oleh yayasan Pondok Pesantren. Begitu pula terkait layanan jasa kesehatan masyarakat, dilakukan penambahan fasilitas medis , obat, tenaga para medis, dokter, di Puskesmas Puskesmas yang ada. Sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan tidak harus berobat ke rumah sakit daerah, tapi cukup di Puskesmas.

Adakah program lainnya yang cukup strategis , untuk optimalisasi kinerja pemkab nanti. Seperti apa ?.

Pasti saya bakal lakukan diskresi dalam kerangka meningkatkan kinerja Pemerintahan, dengan melaksanakan reformasi birokrasi. Menurut hemat saya reformasi birokrasi bila menginginkan kinerja pemerintahan berjalan efektif.

Dengan memberikan kewenangan penuh seusai tugas pokok dan fungsi , Satuan Kerja Pemerintah Daerah ( SKPD), Badan / instansi lainya sampai ke tingkat aparatur paling bawah. Saya menilai dengan reformasi birokrasi itu kinerja akan menjadi lebih baik dan maksimal, sebagai upaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat .

Selain daripada itu, sebagai penghormatan kepada ulama , InsyaAllah bila nanti saya diberi amanah oleh rakyat sebagai penghormatan saya kepada ulama saya akan memberikan tempat terhormat ulama sebagai dewan penasehat Bupati. (hery)

 

Leave a Reply


*