Empat Pilar, FKNJ Gelar Silahturahmi Dan Dialog Kebangsaan

Surabaya , KabarGress.com – Forum Komunikasi Nurani Jawa Timur  ( FKNJ) selenggarakan Sosialisasi Empat Pilar , Silahturahmi dan Dialog Kebangsaan dihotel Shangrila Surabaya Minggu malam (30/7).

Dialog Kebangsaaan berlangsung sekitar 2 jam, mulai pukul 20 . 00 .wib – 22. 00 wib tersebut dengan pembicara Wakil Ketua MPR.RI, Ketua DPD.RI, Dr. Oesman Sapta, dipandu Basa Alim Tualeka, MSi.
Turut hadir pada acara ini Wakil Gubernur Jatim Drs. Saifullah Yusuf ( Gus Ipul), Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim,Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi, Bupati Bojonegoro Suyanto, Kasdam V / Brawijaya , Brigjen TNI Widodo Iryansyah, Kapolresta Surabaya Kombes Pol .M. Iqbal, dari DPW. NU , dan DPW Muhammadiyah.

Sedangkan dari pusat ikut mendampingi Oesman Sapta Anggota DPR. RI Dossy Iskandar, Anggota DPD.RI Nawardi, Ketua DPP Bidang Organisasi Partai Hanura Benny Ramdani.

Ketua FKNJ H. Kelana Aprilianto , SE, menerangkan gagasan lahirnya FKNJ berangkat dari keinginannya  untuk memberikan wadah bagi masyarakat Jatim . “ Lahirnya FKNJ sebagai upaya memberikan tempat berkumpul , diskusi, berkreasi bagi masyarakat. Lain dari itu, FKNJ memandang Pancasila ,NKRI, adalah final dan harga mati ,” kata Kelana kepada peserta forum dialog.

Empat Pilar, berupa  Pancasila , Bhineka Tunggal Ika , UUD 45 , Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kata Kelana harua senantiasa dijaga, dirawat secara bersama . FKNJ dengan semangat  kesatuan dan persatuan ingin senantiasa bisa berperan bersama masyarakat Jatim menjaga semangat kebangsaan itu.

Sambutan Kelana ini disambut positif oleh Gus Ipul. “ Saya menyambut baik adanya FKNJ yang digagas Pak Kelana, serta memberikan apresiasi Dialog Kebangsaan yang digelar ini ,” ujarnya. Menurut Gus Ipul Sosialisasi Empat Pilar Silahturahmi dan Dialog Kebangsaan merupakan inisiatif yang cukup baik dalam rangka menjaga Nilai Pancasila , Pluralisme dalam bingkai kebhinekaan dan NKRI .

Guna menjaga nilai –nilai itu, Gus Ipul , memberikan contoh orang tahlilan. Disamping Gus Ipul, apresiasi yang sama juga diberikan kepada FKNJ karena memiliki kepedulian yang cukup tinggi terhadap kerukunan dan kebangsaan . Dialog Kebangsaan ini bagian dari upaya menjaga kerukunan antara anak bangsa yang belakangan ini kadang kembali terusik.

“ Sosialisasi Empat Pilar dan Dialog Kebangsaan salah satu cara menumbuhkan kembali semangat kebangsaan dan nasionalisme ,” kata Oesman Sapta.
Semangat Kebangsaan tandas Oesman Sapta hendaknya harus terus digelorakan. Hal ini menjadi sangat penting, dalam kerangka membentengi diri masyarakat sebagai bangsa Indonesia dari intervensi asing.

“ kekayaan Negara berupa tambang , dan sumber daya alamnya di eksploitasi sedemikian rupa . Hasilnya bukan dikembalikan kepada Negara , tetapi dikuasai asing. Termasuk upaya pelemahan kepada bangsa ini dilakukan secara sistematis dengan menggerojok narkoba. Untuk itu perlu digelorakan kembali semangat nasionalisme dan kebangsaan dalam menjaga NKRI,”pungkasnya. (hery)

Leave a Reply


*