BANGKALAN MAJU BERSAMA AKHMAD ZAINI , SH , MH

Pemilihan Kepala Daerah, Bupati dan Walikota, adalah hakekatnya berdasar konstitusi merupakan hajat rakyat. Melalui momen pilkada , pilbup dan pilwali rakyat diberi kesempatan untuk menentukan masa depan didaerahnya. Termasuk pilbup di kabupaten Bangkalan secara geografis berada sebelah utara Kota Surabaya sejauh ini termasuk daerah miskin. Bila ingin berubah ke arah lebih baik, harus mampu memilih seorang pemimpin yang amanah, jujur, proesional serta mampu melaksanakan perubahan untuk dan demi rakyat Kabupaten Bangkalan yang maju, dan sejahtera

Bangkalan , KabarGress.com – Akhmad Zaini , SH, MH , Wakil Ketua DPD Partai Hanura Jatim , Ketua DPD Ikatan Advokat Indonesia ( IKADIN) Jatim , Sabtu siang (29/7) tadi secara resmi telah mengembalikan formulir pendaftaran ke Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Bangkalan H. Mahmudi, SE, sebagai salah satu Bakal Calon Bupati ( Bacabup) Kabupaten Bangkalan pada pilbub Bangkalan tahun 2018.

Ide serta gagasan Politisi Partai Hanura dan Praktisi hukum ini ikut running sebagai salah satu Bacabup Bangkalan dalam pilbup tahun depan, lantaran merespon banyaknya aspirasi dari masyarakat, pemuda , tokoh masyarakat serta para Kyai .

Ketiga elemen dimaksud meminta dirinya agar ikut mencalonkan diri sebagai Bacabup di Bangkalan. Alasan para tokoh tersebut, Kabupaten Bangkalan perlu sebuah figur pemimpin baru yang lahir dari rakyat, serta mau mengabdikan dirinya secara totalitas untuk kesejahteraan rakyat dan kemajuan Kabuten Bangkalan.

Sebagai putra daerah, Lawyers professional yang lahir di Desa Jeddung, Bangkalan ini mengaku tak kuasa menolaknya. Berbekal semangat mengabdi untuk rakyat didaerahnya suami Notaris Siwi Nugrahani , SH, M.Kn ini akhirnya memutuskan ikut daftar sebagai Bacabup Bangkalan . “ Ikut mendaftar sebagai Bacabup disamping merupakan panggilan nurani saya, juga sebagai wujud saya memenuhi permintaan masyarakat Kabupaten Bangkalan , “ kata Akhmad Zaini, menjawab Konfirmasi KabarGress.com.

Langkah yang dilakukan setelah resmi mendaftar Bacabup, Akhmad Zaini dikenal luas sebagai pemimpin peduli wong cilik ini pun melakukan Sambang Desa . Didampingi Komunitas Kancah A. Z, bakal calon Bupati Bangkalan ini berkunjung ke desa –desa bertemu para pemuda , tokoh masyarakat . Disela konsolidasi dengan tiga elemen dimasyarakat tersebut , Kanca A.Z membagi –bagikan paket dari Akhmad Zaini pada masyarakat yang kurang beruntung.

Setiap Desa di Kabupaten Bangkalan kanca AZ menyiapkan minimal menyediakan 10 paket sembako untuk orang – orang fakir miskin . Kadang bisa lebih tergantung kuota fakir miskin di setiap Desa. Untuk memudahkan distribusi paket sembako ,Kanca AZ bekerja sama dengan para pemuda di tiap desa yang dituju.

Orentasi maupun spiritnya , tutur Akhmad Zaini dengan paket sembako tersebut adalah untuk membantu meringankan rakyat kurang mampu . “ Tujuan utama kami sodaqoh ikhlas untuk membahagiakan orang – orang tidak mampu dan biar Allah SWT yang membalas amal kami, bukankah doa fakir miskin dan orang – orang yang menderita secara ekonomi itu mustajabah . Anggap saja ini merupakan gerakan shodaqoh demi merabut hidayah dan Ridho Alloh SWT , ” kata Zaini.

Dari sambang desa dilakukan bersama Kanca A.Z, sang Bacabup ini mengaku memperoleh banyak masukan ,sekaligus memperoleh gambaran kondisi yang dihadapi masyarakat. Kata kuncinya dalam rangka memajukan Kabupaten Bangkalan , politisi Partai Hanura merakyat ini nantinya bakal mengambil langkah –langkah strategis, yaitu ;

Penyerderhanaan proses birokrasi dari tingkat daerah sampai desa dan kelurahan. Membentuk pelayanaan ijin satu atap dengan memanfaatkan IT sehingga sistem birokrasi bisa online mulai tingkat daerah dan kecamatan. “ Dengan strategi ini nantinya tentu akan terjadi percepatan dalam semua layanan dan kinerja aparatur daerah ,” kata Zaini seraya menambahkan termasuk meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di tingkat desa.

Menambah peralatan medis serta pendukungnya juga tenaga medis di setiap puskesmas pembantu yang ada di setiap Desa sehingga orang sakit tidak perlu ke kota untuk berobat ,tapi cukup dilayani di puskesmas pembantu yang sudah ada. “, Kalau saat ini tenaga medis nya hanya tenaga perawat kedepan tenaga medis akan kami siapkan dokter di setiap puskesmas pembantu, “imbuh dia.

Begitu bidang Pendidikan. Dalam kerangka membangun Sumber daya manusia yang mumpuni, Bacabup Low Profile ini juga bakal melakukan program terobosan , misalnya ; Menyeimbangkan tingkat kemajuan antara pendidikan formal dan pendidikan di pondok pesantren. “ Termasuk memberikan tunjangan kepada guru Madrasyah, Ustadz yang proporsial. Sebab, dengan tunjangan itu status ekonominya akan meningkat. “ Itu saya lakukan agar kedepan para guru mandrasah para ustadz juga ekonominya menjadi lebih baik .

Program lain nanti dilaksanakan adalah meningkatkan infrastruktur Sekolah Madrasyah bersama Pondok Pesantren. “ Infrastruktur sekolah dan madrasah serta pondok pesantren akan di benahi dan kita bantu secara maksimal. Akan ada besiswa dari pemerintah daerah khusus anak –anak yang berprestasi dari tingkat pendidikan dasar menengah dan tinggi. Begitu pula kepada para santri yang berprestasi , “ tutur Akhmad Zaini.

Sementara erat kaitannya dalam bidang ekonomi, perlu dikembangkan ekonomi kerakyatan antara lain dengan milakukan revitalisasi bidang UMKM . Mengeluarkan regulasi yang pro rakyat , dan mendukung kegiatan usaha informasil, seperti usaha rumahan, kerajinan, dibareng menggali potensi local sebagai upaya menjamin kegiatan usaha masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Untuk merealisasinya, secara teknis akan dilakukan pendataan baik didesa –desa maupun kecamatan. “ Kita melakukan pendataan potensi ekonomi dimasing –masing desa , kecamatan, seraya melakukan pembinaan serta pelatihan kepada mereka. Anak – anak muda nya akan kita berikan pelatihan sesuai bakat dan potensi yang ada di daerah masing –masing , setelah semua siap, mengundang investor yang baik untuk bisa menginvestasikan modalnya di bangkalan .” urai Zaini.

Yang hendak dilakukan demi Kabupaten Bangkalan lebih baik, maju  , didukung PAD yang bagus dan signifikan, masyarakatnya bisa sejahtera, Akhmad Zaini mengaku bakal menggali secara optimal sektor wisata. Supaya sector pariwisata ini mampu memberikan kontribusinya secara maksimal pada masyarakat, bekerja sama dengan masyarakat , pemuda dan para alim ulama , Akhmad Zaini akan membangun infrastruktur jalan sebagai akses menuju kesemua tempat –tempat wisata.

“ Yang tak kalah pentingnya dari uraian program diatas, jika saya diberi amanah memimpin Kabupaten Bangkalan oleh rakyat, saya akan memuliakan para alim ulama dengan memberikan tempat terhormat kepadanya. Sejalan dengan itu, masyarakat miskin menjadi preoritas yang harus saya perjuangkan agar kehidupan mereka lebih baik. Pointnya , saya akan mewujudkan kabupaten Bangkalan yang maju dan sejahtera,”pungkasnya. (hery)

Leave a Reply


*