MENJAWAB TANTANGAN GLOBAL , UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA BAKAL PERSIAPKAN TEMPAT UJI KOMPETENSI

Surabaya , KabarGress.com – Sumber Daya Manusia ( SDM) yang ahli dibidangnya menjadi penentu agar bisa bersaing secara lincah di kancah global. Untuk itu dalam kesempatan Peringatan Dies Natalies ke – 36 Universitas Wijaya Kusuma berupaya memiliki Tempat Uji Komptensi ( TUK). Penegasan itu disampaikan Plt Rektor Isetyowati Andayani.

Plt rektor ,Isetyowati Andayani menjelaskan dengan keberadaan TUK ini, akan lebih cepat menjamin lulusan di kampusnya siap di dunia kerja.

Universitas Wijaya Kusuma , menyiapkan SDM yang baik dan profesional. Sehingga nantinya mereka tidak perlu lagi ikut uji kompetensi di lembaga luar, ” Untuk sementara ini memang kami baru menyiapkan TUK untuk bidang teknologi informasi ,” katanya.

Selain itu Universitas Wijaya Kusuma bakal membuka bidang lain. ” Bidang yang lain ke depannya nanti juga akan kita buka,” terangnya usai rapat senat di kampus yang berada di Jalan Dukuh Kupang ini, Selasa (25/7/2017).

Lebih lanjut ditegaskan penyiapan alumni untuk terjun di dunia kerja ini juga dilakukan dengan mengingkatkan kualitas sarana prasarana di kampus. Sehingga bisa meningkatkan akreditasi jurusan dan institusi.

Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi Bidang Komunikasi menjelaskan tempat uji kompetensi ini akan membantu Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk mensertifikasi masyarakat umum. Setiap LSP bisa punya beberapa TUK.

Sehingga perguruan tinggi harus mampu menjadi bagian di dalam LSP. Sebab menurutnya era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) ini menuntut adanya standarisasi kualitas yang tinggi.

“Apalagi tenaga kerja bisa dengan mudah bekerja di negara yang berbeda. Sertifikasi ini bukti hukum masyarakat untuk diakui kualitasnya,” ujar wanita yang bekerja dibawah Kementerian Komunikasi dan Informatika ini.

Penyiapan TUK dI Universitas Wijaya Kusuma  tegas dia sebagai bentuk respons positif di dunia akademisi. Sebab selama ini iklim sertifikasi belum tumbuh dengan baik. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya bakal mewujudkan itu , guna mempersiapkan  Sumber Daya Manusia , sesuai kompetensinya. (hery)

Leave a Reply


*