30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

HAJI KELANA APRILIANTO, BUKAN HANYA PEMIMPIN YANG DIHORMATI TETAPI JUGA DIKAGUMI

Surabaya , KabarGress.com –  Haji Kelana Aprilianto , SE, Ketua DPD Partai Hanura Jawa Timur ini , adalah seorang politisi sekaligus seorang pejuang. Karena semangat juangnya yang tak pernah padam itu, Partai Hanura yang dipimpinya bersinar ditengah masyarakat. Dibantu kader –kader militant Panji – panji Partai Hanura berkibar dipelosok kampung dan desa di 38 DPC Kabupaten, Kota , se Jawa Timur.

Pemimpin teras Partai Hanura, putra pasangan H. Soeman Aniruddin  (alm) dan Hajah Dewi Setiowati ,jiwa nasinalisme dan kebangsaannya sangat tinggi. Saking cintanya NKRI dan bangsa ini Bos PT. Bangun Jaya Grup (BJG) menggagas lahirnya Forum Komunikasi Nurani Jawa Timur ( FKNJ). Dimotori Sekretaris DPD Partai Hanura Jatim Warsito ,SE, Haji Kelana Aprilianto bersama para  tokoh  masyarakat Surabaya mendeklarasikan Dialog Kebangsaan  di Hotel Singgasana , Selasa 25 Juli 2017 cukup berhasil .

Ditengah kesibukannya sebagai petinggi Partai , suami  Ny. Gayatri Aisyah Ardhinindya ini masih sempat membangun Wisata Peternakan penggemukan kambing Garut dan Sapi Limosin, di,Dusun Pogal Putuk , Desa Lebakrejo ,Kec. Purwodadi , Kabupaten Pasuruan  . Wisata peternakan  menempati lahan seluas 5000 meter tersebut   dibangun tiga kandang berisi sekitar 200 ekor kambing , satu kandang berukuran besar berisi 100 ekor sapi limosin.

Iskandar warga setempat dipercaya Haji Kelana mengurusi peternakan , menuturkan bahwa peternakan kambing dan sapi ini telah memberikan manfaat besar bagi warga desa sekitar peternakan yang umumnya petani.  “ Warga yang biasa  meladang  mencari rumput dan rumputnya dijual ke peternakan ini ,” ujarnya.

Menurut Iskandar, rumput yang dibutuhkan untuk pakan 100 ekor sapi ,dan 200 ekor kambing dalam jumlah besar. Tentunya memberikan peluang usaha bagi warga desa .  Kenyataannya, keberadaan peternakan milik Haji Kelana ini lanjut Iskandar sangat membantu warga desa memperoleh tambahan penghasilan. Ini adalah salah satu cara Ketua DPD Partai Hanura Jawa Timur dan pemilik perusahaan bus pariwisata Pendowo 87 membantu masyarakat .

Disamping membeli rumput dari warga untuk memenuhi kebutuhan pakan ratusan kambing dan sapi, Haji Kelana ujar Iskandar saat ada warga  datang ke peternakan menjual kambing ternaknya juga dibeli dengan harga sesuai harga pasar. Namun, pada saat terdapat warga ingin membeli kambing untuk kepentingan hajatan , misalnya politisi berjiwa plamboyan  tak menjualnya.

“  Kambing  malah diberikan kepada warga yang hendak punya hajat oleh Pak Kelana ,” tukas Iskandar. Haji Kelana sendiri ketika dikonfirmasi KabarGress.com membenarkan. “  Kalau ada warga yang menjual kambing ke peternakan memang saya beli. Tapi sebaliknya bila ada warga ingin membeli satu atau dua ekor kambing untuk hajatan,  serta kegiatan keagamaan saya kasih saja, warga tidak usah membeli  ,” jawab Mas Kelana.

Dalam kerangka membuka lapangan kerja untuk warga masyarakat  Mas Kelana menuturkan lahan seluas 4 hektare miliknya dikaki bukit bakal dibangun Ranch  lengkap bersama infrastrukturnya. “ Saya punya rencana membangun ranch    lengkap dengan infrastrukturnya, termasuk membangun villa dikelilingi  danau . Menghadap dua bukit dimana didepan lahan  yang nantinya digunakan perluasan Ranch terdapat air terjun setinggi sekitar 70 m, sehingga view sangat baik ,” tutur dia.

” Nanti sapi ternak tidak lagi dimasukan kandang seperti sekarang , tapi dilepas diluar. Namun saya masih membutuhkan lahan sekitar  5 hektare lagi untuk realisasi pengembangan peternakan ,” imbuhnya.

Kalau pengembangan ternak bisa diwujudkan segera, pastinya dapat menyerap tenaga kerja baru. Dengan peternakan diatas lahan yang sangat luas, ungkap Mas Kelana bisa sebagai destinasi wisata peternakan serta edukasi , penelitian bagi masyarakat, pelajar maupun mahasiswa.

“ Dikaki bukit yang didalam lahan  terdapat 2 sumber mata air besar bisa dikembangkan, dan diolah menjadi air mineral , lalu  kita bagi – bagikan  kepada masyarakat ,” tutur Mas Kelana. Lantaran jiwa kedermawanannya itu Ketua DPD Partai Hanura Jawa Timur memperoleh tempat tersendiri di masyarakat.” Ia bukan hanya dihormati, tetapi juga dikagumi.  Sebagai bentuk kecintaan masyarakat , Mas Kelana sempat dinobatkan sebagai warga kehormatan suku Tengger pada tahun 2012 silam ,” ujar Suherman Ketua Komunitas Sahabat Kelana. (hery)