30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Perkuat Koperasi dan UMKM, PT. Amara Satu Raya di Dukung Pemprov Jatim Gelar Pameran Koperasi dan UMKM Expo 2017

Surabaya, KabarGress.Com – Dalam rangka memperkuat koperasi dan UMKM melalui kegiatan kreatif, PT Amara Satu Raya (ONE EVENT) bekerjasama dengan pemerintah provinsi Jawa Timur melalui dinas Koperasi dan UKM dan di sponsori oleh Bank BRI akan menyelenggarakan pameran koperasi dan UMKM Expo 2017 yang akan dilaksanakan pada 26 – 30 Juli 2017 bertempat di Grand City Convex Surabaya.

Pameran ini akan diikuti oleh kurang lebih 220 stand dengan produk unggulan Koperasi dan UMKM dari dalam dan luar Jawa Timur. Pihak yang turut berpartisipasi dalaam pameran ini diantaranya, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Dekranasda dari berbagai daerah di Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kabupaten/Kota di Jatim serta mitra – mitra binaanya, UKM Bank BR, Perusahaan dan jasa – jasa seperti BUMN/BUMD serta binaanya.

Pameran kali ini akan mengangkat tema “Memperkuat Koperasi dan UMKM Melalui kegiatan Ekonomi Kreatif”. Tema tersebut diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempersiapkan produk Koperasi dan UMKM untuk siap menghadapi persaaingan Global. Selain itu konsep yang di usung ialah City of Charm, dimana konsep tersebut sebagai media untuk lebih memperkenalkan ke 38 Kab/Kota se Jawa Timur, yang dalam tahun ini kota malang akan menjadi branding.

Dalam hal ini Bank BRI mendukung progam pembayaran non tunai (cashless) dengan memberlakukan pembayaran menggunakkan uang elektronik. Untuk mendukung progam tersebut disediaakan berbagai doorprize berupa alat elektronik bernilai puluhan juta rupiah. Syarat untuk mendapatkan kupon tersebut ialah pembeli harus melakukan transaksi non tunai di area pameran, seperti kartu kredit, kartu debit, sertabuaang elektronik (brizzi) kemudian ditukarkan kupon doorprize.

Hal lain yang menjadikan pameran ini lebih menarik ialah pengunjung aakan disuguhkan musik di area pameran (indoor) maupun luar (outdoor). Khusus untuk hari Rabu daan Jumat akan hadir banyak talkshow, workshop, dan seminar. Sedangkan untuk hari Sabtu daan Minggu akan banyak hiburan dan berbagai perlombaan seperti Hijab hunt, Smesco idol singging, dan Colouring competition, serta Zumba dance, Fun Walk, Aerobik.  Namun ada acara unggulan di tahun ini yakni, Indonesian Fashion Culture, Festival Kopi Nusantara, dan Zombie Fun Run.

” Kami kembali bekerjasama dengan beeberapa asosiasi di Jawa Timur, kami sangat berharap Indonesian Fashion Culture dapat menjadi sebuah aajang fashion show yang dapat mengangkat industri fashion lokal serta produk unggulan yang kreatif dan inovatif asli Indonesia di kancah Internasional,” ungkap Direktur PT. Amara Satu Raya, selaaku organizer pameran, Yusuf Karim Ungsi, SH., MM.

Ia mengungkapkan, acara ini tidak terlepas dari beberapa asosiasi yang turut membantu dalam pelaksanaanya, seperti Asosiasi Perancang dan Pengusahha mode Indonesia (APPMI), Asosiasi Pengrajin Batik Jawa Timur (APBJ), Komunitas Usaha Kreatif Jawa Timur (KUKJ), Persatuan Pengusaha Bordir Jawa Timur ( PERSADIR), Asoosiasi Pengrajin Kulit (ASPEK), Perkumpulan Perajin Perhiasan dan Bebbatuan (PERABA), dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI)  Surabaya.

Dirinya juga menjelaskan, untuk acara Cultural Zumba Dance akan dilakukan di hari Sabtu malam, sedangkan untuk hari minggunya akan dilaksanakan senam Aerobik , Fun walk, dan Zombie Fun Run. “Acara ini merupakan sebuah trobosan gagasan ide untuk memperkuat braand image Koperasi dan UMKM untuk meningkatkan kecintaan terhadap produk dalam negeri maupun luar negeri,” jelas Yusuf.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur, Dr. Mas Purnomo Hadi, M.M., M.H, mengatakan, kontribusi koperasi dan UMKM pada PDB Indonesia kian meningkkat dari tahun ke tahun. ” PDB Indonesia dari koperasi saat ini terus merangkak naik, dimana pada tahun 2013 hanya berkisar 1,71 persen kini sudah meningkat menjadi 4 persen atau tepatnya 3,99 persen. Kami yakin tahun depan pun akan lebih meningkat dari tahun ini,” pungkasnya. (tur)