10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Mensos Khofifah: Inspirasi 60 Tahun Astra Harus Diikuti Siapapun

Surabaya, KabarGRESS.com – Sejalan dengan program Nawacita Presiden Joko Widodo yang membangun Indonesia dari desa dan daerah pinggiran, program pembinaan Kampung Berseri Astra (KBA) sangat bagus menjadi role model bagi pengembangan kampung lainnya di Indonesia.

“Pada Kampung Berseri Astra tidak hanya warganya yang berseri, tetapi juga anak-anaknya, warganya, lingkungan dan ekonomi masyarakatnya ikut berseri, sehingga menurut saya bisa jadi role model bagi kampung-kampung lainnya. Contoh KBA di kampung Keputih, Sukolilo, Surabaya ini sangat bisa dijadikan contoh bagi kampung-kampung lainnya,” demikian diungkapkan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, usai Tour de Kampung di KBA Keputih, Minggu (23/7/2017).

Kegiatan ini merupakan acara puncak peringatan HUT ke-60 Astra di Surabaya yang sekaligus bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh setiap 23 Juli. Pada kesempatan ini Khofifah juga meresmikan KBA Keputih sebagai desa yang akan menuju Desa Sejahtera Mandiri (DSM) setelah KBA Keputih dibina Astra sejak 2013.

“Selamat HUT ke-60 Astra. Semoga dedikasi Astra memberi manfaat dan berkah untuk bangsa. Inspirasi 60 Tahun Astra melalui pembinaan KBA Keputih saya rasa harus diikuti oleh siapapun yang masuk sektor swasta atau korporasi,” tuturnya.

Setelah bertatap muka, lanjut Khofifah, dirinya melihat warga disini sangat berseri, begitu juga kampungnya secara keseluruhan. “Padahal saya mengetahui bahwa lokasi ini adalah tempat pembuangan sampah dulunya. Warga yang dibantu Astra berhasil menyulap menjadi kampung berseri ini dan Insya Allah akan menjadi kampung mandiri sebentar lagi,” tandasnya.

KBA merupakan wilayah suatu daerah dengan lingkungan yang bersih, hijau dan dihuni masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif yang mencerminkan empat pilar CSR Astra, yakni Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Sementara itu, Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk, Pongki Pamungkas, menambahkan Astra tidak pernah berhenti dalam menebarkan inspirasi selama 60 tahun. “Kami berharap apa yang Astra bina di KBA Keputih ini dapat menginspirasi dan berkolaborasi dalam membangun bangsa,” tukasnya.

Dalam acara ini juga dilaksanakan penandatangan prasasti oleh Menteri Sosial Khofifah didampingi Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk, Pongki Pamungkas dan Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk, Riza Deliansyah.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Sosial Khofifah juga meluncurkan Lomba KBA Nasional dalam rangkaian Festival Kampung Berseri Astra.

Dalam rangka membentuk masyarakat yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif (Berseri), Astra menjalankan program Kampung Berseri Astra (KBA) di seluruh Indonesia dengan target seluruh 34 provinsi di Indonesia memiliki paling tidak satu KBA. Saat ini, terdapat 63 KBA di 26 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk mengapresiasi warga KBA yang telah menjadikan kampungnya berseri, hari ini Astra meluncurkan Lomba KBA Nasional dengan total hadiah Rp75 juta dalam bentuk pengembangan program tematik di KBA yang bersangkutan.

Dengan adanya apresiasi ini, KBA yang sudah rutin menjalankan programnya setiap tahun diharapkan semakin terdorong dan semangat mempercantik serta membawa kampungnya menuju kemandirian.

Pada kesempatan kali ini, Astra bersama Kementerian Sosial juga menandatangani nota kesepakatan terkait komitmen Astra untuk menyelenggarakan kesejahteraan sosial dalam rangka pemenuhan tanggung jawab badan usaha bersama program-program dari Kementerian Sosial.

KBA yang terletak dekat dengan tempat pembuangan sampah (TPS) ini ternyata justru menjadi salah satu kampung yang mendapat gelar Merdeka Dari Sampah (MDS) dari pemerintah Kota Surabaya. Kesadaran dan kemandirian warga KBA inilah yang membuat lingkungannya tetap bersih walaupun berada dekat TPS.

KBA Keputih semakin mandiri dengan adanya kegiatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang disebut sebagai Kelompok Usaha Bersama (KUBE), antara lain UMKM jamur, kerupuk, sari kedelai, tempe, sirup markisa, dan jahe merah.

Dalam Tour de Kampung hari ini, selain mengunjungi rumah jamur dan tanaman toga, Kementerian Sosial dan warga sekitar juga diajak menyaksikan penyerahan donasi kacamata untuk warga KBA dan para difabel, peresmian mandi, cuci, kakus (MCK) komunal, dan pemeriksaan mata serta pengobatan gratis. (ro)