30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Emilia Contessa: Selamanya, Kita adalah Bangsa yang Besar

Banyuwangi, KabarGRESS.com – “Pancasila adalah dasar bagi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, inti dari Pancasila merupakan cita-cita luhur para pendiri bangsa, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, karenanya, jangan terkesima dengan ideologi dari negeri antah berantah sehingga kita lengah untuk tetap mengamalkan nilai-nilai Pancasila, jangan enggan untuk merawat persatuan, karena dengan kokohnya persatuan itu, maka selamanya kita tetap tegak sebagai sebuah bangsa yang besar,” hal tersebut disampaikan Emilia Contessa, anggota DPD RI dalam pertemuan tatap muka dan sosialisasi dengan masyarakat, di Balai Desa Sukomaju, Banyuwangi, Rabu 19 Juli 2017.

Menyikapi maraknya kejadian yang berpotensi mampu memporakporandakan nilai persatuan dan kesatuan di berbagai daerah, Emilia berharap agar apa yang menjadi isu baik melalui pemberitaan maupun percakapan, tidak langsung diterima apa adanya, ”Sekarang ini banyak berita bohong, ada banyak pihak maupun negara asing yang ingin menghancurkan Indonesia”.

Saat ini Pemerintah gencar melaksanakan pendidikan karakter kepada anak didik, tujuannya agar generasi penerus kita, bisa lebih mengenal Indonesia, mengenal keberagamannya sebagai sebuah bangsa. Kami para anggota MPR RI juga memikul kewajiban untuk senantiasa bersilaturahmi dengan konstituen melalui kegiatan sosialisasi 4 pilar, dengan harapan agar masyarakat di daerah akan senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan mampu saling bertoleransi dalam keberagaman.

Disinggung mengenai telah pudarnya kebiasaan pemasangan gambar burung garuda dan tulisan Pancasila di pintu gerbang Desa, Emilia menuturkan, bahwa fenomena masyarakat yang lebih memilih model gapura minimalis dan lebih memilih untuk mencantumkan nama jalan maupun nama daerah, adalah model gapura yang tidak boleh disalahkan.

”Itu adalah pilihan, meskipun ada baiknya jika semua gapura tersebut tetap dihiasi dengan tulisan Pancasila, yang terbaik tentu saja mematri Pancasila tersebut di dalam hati kita masing-masing dengan cara mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (Bo)

Teks foto: Emilia Contessa, anggota DPD RI dalam pertemuan tatap muka dan sosialisasi dengan masyarakat, di Balai Desa Sukomaju, Banyuwangi, Rabu 19 Juli 2017.