10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

PJB Upayakan Peningkatan Kualitas SDM di Bidang Teknologi dan Pengetahuan

Surabaya, KabarGRESS.com – PT Pembangkitan Jawa – Bali (PJB) mengadakan kerja sama dengan Universitas Indonesia dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang Teknologi dan Pengetahuan.  Nota kesepahaman (MoU) ditandatangani Kamis (6/7) di Gedung Rektorat Universitas Indonesia Kampus Depok oleh Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met dan Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara. Kerja sama meliputi pendidikan dan pelatihan, penelitian, kajian pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pendayagunaan kemampuan perekayasaan industri.

Kerja sama antara PT PJB dengan Universitas Indonesia (UI)  memiliki nilai strategis bagi peningkatan kompetensi SDM PJB di bidang teknologi.  Kedua pihak akan bekerja sama  dalam pelatihan dan pendidikan lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas SDM PJB di bidang teknologi. Selain itu, UI juga akan memberikan pendampingan dalam kajian teknologi, konsultasi permasalahan teknik pembangkit,   kajian proses pengadaan peralatan pembangkit, dan  kajian dalam penerapan teknologi yang berkaitan dengan efisiensi energi, teknologi gasifikasi, serta pembangkit energi baru terbarukan.

Penguasaan teknologi bagi PT PJB merupakan salah satu kebutuhan vital. Perguruan tinggi menjadi salah satu mitra dalam meningkatkan kompetensi SDM PT PJB di bidang teknologi. Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara mengungkapkan perkembangan PT PJB tidak lepas dari peran serta perguruan tinggi.  “Ada sumbangsih perguruan tinggi dalam peningkatan kompetensi SDM, kajian, problem solving,   penelitian serta pengembangan teknologi yang dilakukan PT PJB. Kami telah menjalin kerja sama dengan universitas-universitas terkemuka di tanah air, termasuk dengan Universitas Indonesia,” kata Iwan Agung.

Kerja sama antara PT PJB dengan Universitas Indonesia bukan baru kali ini saja dilakukan. Kerja sama dalam melakukan beberapa kajian juga telah dijalin dengan UI.   Saat ini UI tengah melakukan kajian reklamasi Muara Karang dan reklamasi Muara Bekasi.  Selain itu juga tengah dilakukan kajian dan permodelan CFD untuk boiler FTP luar Jawa. Ke depan PT PJB akan menjajaki kerja sama dalam pengembangan pembangkit listrik biomassa dan pengembangan PLTU Merah Putih Nasional.

Selain kerja sama dalam wujud MoU, Universitas Indonesia selama ini juga menjadi salah satu institusi pendidikan tempat karyawan PT PJB menimba ilmu. Pagi tadi salah satu karyawan PT PJB,  Henry Pariaman  Sitorus mengikuti sidang terbuka promosi Doktor Teknik elektro dengan disertasi berjudul Pengembangan Teknik Pemeliharaan Terintegrasi Berbasis Keandalan, risiko dan Kondisi Peningkatan Ketersediaan Pembangkit Listrik. Karyawan yang menjabat sebagai Kepala Bidang Teknologi PT PJB tersebut dinyatakan lulus dengan sangat memuaskan.

Henry Pariaman Sitorus merupakan doktor teknik elektro pertama yang dimiliki PT PJB. Direktur Utama PT PJB  dalam sambutan saat sidang menyampaikan apresiasi dan  berharap agar penelitian yang dilakukan Henry  terkait metode teknik pemeliharaan terintegrasi dapat diinseminasi ke seluruh pembangkit PJB dan PLN. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai motivasi bagi karyawan untuk memberikan sumbangsih  bagi akademisi dan pembangkitan. (ro)