30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

PAKDE KARWO TAKBIR AKBAR DI MASJID AL-AKBAR

Surabaya , KabarGress.com- Gubernur Jawa  Timur, Dr. H. Soekarwo  melakukan takbir akbar menyambut Hari Raya  Idul Fitri 1438 H/2017 M bersama jajaran Forum  Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim di Masjid Al-Akbar Surabaya, Sabtu (25/6) malam.

“Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. La  ilaha illallahu Allahu Akbar.. Allahu Akbar wa  lillahil-hamd” demikian lantunan takbir yang diucapkan Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim yang kemudian langsung diikuti oleh Forkopimda dan  ribuan jamaah yang hadir pada malam yang cerah itu.

Usai memimpin takbir, raut  wajah  Gubernur yang  telah  memimpin  Jatim  selama dua periode itu tampak sumringah. Pakde Karwo mengatakan, malam takbir sebagai penanda kemenangan untuk seluruh umat muslim yang telah sebulan  penuh  berjuang  memperkuat  iman dan  melaksanakan  ibadah  puasa.

Bulan suci  Ramadhan 1438 H ini, lanjut Pakde Karwo,  memberikan kesan  mendalam  bagi  masyarakat Jatim. Sebab,  suasana  provinsi sangat aman, nyaman, tentram, dan damai. Sehingga seluruh  umat muslim di Jatim dapat  melaksanakan ibadah dengan khusuk, tenang, dan tanpa gangguan berarti.

Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada  TNI,  Polri,  dan seluruh masyarakat Jatim  yang telah menjaga suasana  aman dan nyaman  tsb. Ia menilai belum ada  suasana senyaman hari-hari selama ini dalam rangka menjelang hari raya Idul Fitri.  Oleh karena itu, diharapkannya suasana tsb bisa terjaga seterusnya”l.

Menurut Pakde Karwo,  kondusifnya  suasana  di  bulan  ramadhan ini karena Allah  SWT  telah memberikan  perlindungan dan nikmatNya  kepada  masyarakat provinsi ini.  “Ini karena Jatim  telah  membersihkan dari tempat-tempat maksiat. Sebanyak 47 lokalisasi  yang dihuni 7.212 Wanita Tuna  Susila (WTS) telah ditutup,” ujarnya.

MANFAATKAN.REST AREA

Masih menurut Pakde Karwo, sampai sejauh ini belum ada laporan  kasus kemacetan  yang terjadi di  ruas-ruas jalan di Jatim.  Ini karena beberapa ruas jalan tol baru seperti jalur fungsional Surabaya-Mojokerto hingga kertosono sudah beroperasi,  sehingga pemudik bisa memiliki berbagai alternatif.

“Tahun lalu  masih ada laporan  8 jam macet  di  Mengkreng, Alhamdulillah hari ini menurut laporan Pak Kapolda,  mencari jalan  yang  macet  aja  gak ketemu” katanya.

Meski  jalanan relatif tidak macet,  lanjut Pakde Karwo, pemudik diharapkan tetap berhati-hati di jalan  dan memanfaatkan fasilitas di sejumlah rest  area  yang telah disiapkan pemerintah dan  pihak swasta  di  jalur mudik yang tersebar di seluruh Jatim.

“Bagi pengemudi, tolong jaga emosi dengan baik dan tidak usah dipaksakan jika lelah. Silahkan mampir ke rest area yang telah disediakan, disitu  ada minuman  dan tempat sembahyang. Bahkan juga ada fasilitas pijat bagi yang pusing atau capek. Semua pelayanan itu agar pemudik selamat sampai tujuan” katanya.

Pada kesempatan  itu,  Pakde Karwo berkesempatan untuk memberikan 200 paket  bingkisan secara simbolis kepada 200  anak yatim  dari sepuluh panti asuhan di Surabaya dan sekitarnya. Malam  takbir itu juga dihadiri Kapolda  Jatim, Pangdam V/Brawijaya, Kakanwil Kemenag Prov Jatim, pimpinan PWNU, Muhammadiyah, organisasi-organisasi Islam, para kyai dan tokoh masyarakat. (hery)