30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

GUBERNUR BERSAMA FORPIMDA JATIM DIJADWALKAN SHOLAT IED DIMASJID AKBAR SURABAYA

Surabaya , KabarGress.com- Gubernur Jawa Timur,  Dr.  H.  Soekarwo bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah  (Forkopimda) Jatim dijadwalkan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H / 2017 M di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya pada  hari Minggu (25/6) pagi.

Hal itu disampaikan  Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Benny Sampirwanto, M.Si saat dikonfirmasi  via telepon, Sabtu  (24/2017).

Benny mengatakan, saat melaksanakan shalat ied  yang direncanakan dimulai pukul 06.00 WIB besok, Pakde Karwo sapaan  akrab Gubernur Jatim akan didampingi oleh isteri, Dra. Hj. Nina Kirana Soekarwo, M.Si. Selain  itu, Wakil Gubernur Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf  beserta isteri, Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf juga turut hadir.

Direncanakan hadir dalam sholat iedul fitri ini Ketua DPRD  Jatim, Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim, Pangarmatim, dan Forkopimda beserta isteri.

Sedangkan dari pejabat  di  lingkup Pemprov Jatim yang  dijadwalkan hadir diantaranya  Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi beserta istri, Hj. Chaerani Yuliati Akhmad Sukardi, para asisten  sekdaprov,  dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemprov Jatim.

Undangan lainnya adalah Kepala Kanwil  Kemenag Jatim, Kepala  Badan/Dinas/RS/Pimpinan Bank/KONI,  Ketua PWNU, Muhammadiyah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat  muslim. “Diperkirakan, sholat ied besok akan  diikuti sekitar sepuluh ribu jamaah termasuk  seluruh pejabat yang hadir” kata Benny.

Bertindak sebagai khatib pada shalat Ied besok adalah Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo,  KH. Agus  Ali Masyhuri  atau yang akrab disapa Gus  Ali. Sementara khatib cadangan adalah  Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Drs. H. Syamsul Bahri, M.Pd.I.

Masih menurut Benny, shalat ied di  Masjid Akbar sudah menjadi tradisi  rutin yang dilaksanakan baik oleh  Pakde Karwo  maupun Gus Ipul, sapaan akrab Wagub  Jatim. Usai shalat, para jamaah  biasanya  ingin bersalaman atau  bersilaturahmi dengan kedua tokoh yang telah memimpin Jatim  selama  dua periode tersebut.

“Pakde Karwo dan  Gus Ipul sangat dekat dengan rakyatnya, jadi momen shalat  ied menjadi ajang silaturahmi  dan menyapa  masyarakat Jatim, khususnya yang ikut shalat berjamaah di  Masjid Akbar”  pungkasnya. (hery)