10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

PAKDE KARWO OBATI KANGEN BUKBER PAGUMA

Surabaya, KabarGress.com – Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo mengobati rasa kangennya  akan kampung halamannya di Madiun saat menghadiri buka puasa bersama keluarga besar Paguyuban Madiun (PAGUMA) di kediaman Ir. Agus Sudarminto, Jl. Jemursari Selatan II No. 7 Surabaya, Sabtu (17/6/2017)

Tanpa canggung, Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu mengajak bercanda, tertawa,  bersalaman, menyapa serta memeluk keluarga PAGUMA yang hadir pada  kesempatan itu. Keramahan Pakde Karwo itu seakan menambah  indahnya suasana guyub, rukun, gayeng, dan penuh persaudaraan diantara keluarga PAGUMA.

“Saya hadir disini karena kangen bertemu anda semua, saya juga kangen menyantap  nasi pecel madiun. Reuni Madiunan tanpa nasi pecel rasanya  tidak afdol. Sambel pecel madiun rasanya khas, apalagi ditambah bunga turi. Panitia menyediakan nasi pecel to?” tanya Pakde yang disambut tawa dan tepuk tangan riuh dari hadirin.

Pakde Karwo mengaku bangga kepada PAGUMA. Pria yang juga menjadi Pelindung PAGUMA itu memuji kontribusi PAGUMA dalam menjaga budaya Jawa, seperti menyelenggarakan kesenian, pengajian, majelis taklim, dan  juga acara bukber ini. “Ini bagian dari menguri-uri  budaya Jawa” katanya.

Orang Madiun, lanjutnya, memiliki ciri khas, yakni sifatnya lembut, kulturnya  hidup rukun dan kompak dengan didukung jiwa  petarung untuk menuntut ilmu  dan siap survive dimanapun berada, sehingga banyak orang Madiun yang  bisa sukses meskipun di tanah orang. “Orang Madiun adalah petarung-petarung hebat dan moralitasnya tinggi” pungkasnya.

PAGUMA  BERI SELAMAT ULTAH PAKDE KARWO

Ditengah-tengah acara, tepatnya saat sesi foto-foto, tiba-tiba pembawa  acara yang juga Ketua  Umum PAGUMA Surabaya, Dr. Pranawa mengumumkan  bahwa  Pakde Karwo baru  saja merayakan ultah. Tanpa  dikomando, seluruh  hadirin menyanyikan lagu “Panjang Umurnya” dengan meriah.

“Panjang-umurnya.. panjang umurnya.. panjang umurnya serta mulia.. serta mulia.. serta mulia..” lalu sejurus kemudian hadirin bergantian menyalami dan memeluk Pakde.  Usai menyanyi, Dr. Pranawa langsung memimpin doa agar Pakde Karwo senantiasa sehat dan sukses dalam  memimpin Jawa  Timur.

“Mari kita doakan Pakde Karwo beserta seluruh keluarga agar sehat-sehat selalu, sukses dan barokah dalam memimpin Jatim” ucapnya.

Dalam acara buka puasa bersama ini, Pakde Karwo memberikan bingkisan secara simbolis kepada anak yatim dari Pondok Nurul  Karomah, Panti Asuhan Muslim Surabaya, mahasiswa yang menenmpati asrama PAGUMA. Tampak hadir dalam acara itu  diantaranya Dr. H. Rasiyo, Suko Widodo, dan  ratusan anggota PAGUMA. ( hery)