R. EDI RACHMAT , ANGGOTA DEWAN DAN PEJUANG PARTAI YANG MERAKYAT

Sosoknya mulai dikenal luas dimasyarakat . Seorang professional ,  integritasnya teruji , kapabilitas dan intelektualitasnya mumpuni. Berdedikasi, punya karisma, seorang lagislator, pejabat public, sekaligus seorang suami , seorang ayah dan pejuang Partai. Dia, Ketua DPC Partai Hanura Kota Surabaya dan Sekretaris Komisi B DPRD , R. Edi Rachmat, SE, MM.

Surabaya , KabarGress.com –  Sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) , Kota Surabaya, R. Edi Rachmat telah melaksanakan semua ketentuan tugas pokok dan fungsinya, secara konprehensif, termasuk melaksanakan masa  reses  – II,  dengan melakukan temu kontituen untuk penjaringan aspirasi masyarakat di Daerah Pemilihan ( Dapil ) 4.

Roadshow sebagai rangkaian reses  tersebut , hari pertama Sabtu sore 10 Juni temu konstituen  dan penjaringan aspirasi bertempat dikantor DPC Jl. Wonosari Kidul I No. 6, Minggu sore  11 Juni 2017 Banyu Urip Kidul  2B RT 07 /RW 05, Senin sore  12 Juni 2017 Taman Arjuno, Selasa sore 13 Juni 2017  Gedung Setan, Banyu Urip wetan dan hari terakhir Rabu sore 14 Juni 2017 reses bertempat dikediamanya Perumahan Hayamwuruk Baru II, Kelurahan Sawunggaling , Kecamatan Wonokromo –  Surabaya .

Lewat skema reses  suami Mayor TNI AD Nanik Sri Sunarti ini kembali bertemu dengan para kontituennya. Disini  anggota dewan yang terhormat ini banyak mendegar aspirasi dari kontituennya. Semua keluhan , uneg –uneg, dan aspirasi yang datang dari masyarakat di dengarkan secara seksama, lalu bila ada yang memang urgen  dibantu untuk dapat diselesaikan langsung diselesaikan.

Tapi bila aspirasi tersebut memang membutuhkan proses formal berkait dengan pemerintah kota, anggota legislative dikenal merakyat ini pun membantunya melalui tupoksi kedewanan.

Politisi Partai Hanura Surabaya ini juga tidak betahan tatkala  ada warga yang sedang sakit tapi belum memperoleh penanganan medis, dia dengan cekatan langsung turun tangan membantu warga yang sedang sakit supaya memperoleh penanganan medis.

Begitu pula dengan penjaringan aspirasi pada masa reses  II . Intinya, penjaringan aspirasi tersebut fungsinya dalam kerangka menggali informasi maupun aspirasi dari masyarakat. Dengan demikian semua informasi yang masuk bakal ditampung serta ditindaklanjuti, misalnya aspirasi terkait pembangunan infrastruktur dikampung , seperti pavingisasi jalan kampung, pembangunan gorong –gorong atau saluran kampung,termasuk terkait pelayanan public pemerintah terhadap masyarakat, dan aspirasi lainnya.

Termasuk reses  di perumahan Hayamwuruk Baru II  yang berlangsung Rabu sore tadi, warga perumahan selain menyampaikan terimakasihnya lantaran telah  dibantu pembangunan  saluran  atau gorong – gorong panjang sekitar 1.500 m2 .  Dengan dibangunnya saluran yang baru tersebut perumahan terhindar dari penumpukan air hujan dan banjir.  Terkait gorong – gorong ini Ketua RT 06 / RW 11 Budi Hermawan memberikan apresiasinya . “Dalam kesempatan ini kami atas nama warga menyampaikan terimakasih bantuan infrastrukturnya,” katanya. Setelah dibantu dibangunkannya saluran, warga kembali mengajukan permohonan bantuan untuk segera bisa dibangunkan jalan paving.

Dengan ketulusannya , Sekretaris Komisi B DPRD yang juga Ketua DPC Partai Hanura Kota Surabaya ini pun tak kuasa menolaknya. R. Edi Rachmat pun dalam kerangka  membantu masyarakat mewujudkan pemukiman berwawasan lingkungan , jalan paving yang diminta warga itu menurut rencana  selesai lebaran  bakal mulai dikerjakan .

Terus terang selama menjabat sudah sangat banyak yang diberikan untuk perbaikan pemukiman kami. Pak Edi sangat aware untuk soal infrastruktur kampung, seperti saluran, dan jalan kampung ,dan kami sangat terbantu ,” timpal warga lainnya.  

INDAHNYA BERBAGI

Ayah dengan dua orang putra  serta seorang putri , masing –masing Maulana Muhammad Sageri, Muhammad Robby, dan Zihan Sphia Rahmah ini  ternyata juga sosok pejabat  berjiwa humanis.  Betapa tidak, disamping faktanya punya kepedulian yang sangat tinggi terhadap dinamika ditengah masyarakat, lalu dengan tangan dan kapasitasnya membantu mewujudkan harapannya, ia juga hobi berbagi pada sesama .

Seperti dilakukannya Rabu sore tadi dikala bertemu  dengan sekitar 100 san orang warga dan kadernya dalam momen penjaringan aspirasi yang berlangsung dikediamannya. Kang Edi, demikian anggota legislative ini lekat disapa , juga aksi bagi sembako dan uang saku pada masyarakat, dan kader pengurus Partai.  “ Jangan dilihat nilainya ya, mohon ini dapat diterima semoga bermanfaat, “ pintanya.

Gemar berbagi adalah kebiasaan lama dia. Bukan hanya itu, sebagai representasi kedekatannya dengan masyarakat tokoh politisi Partai Hanura Kota Surabaya ini , nampak begitu menikmati berada ditengah –tengah masyarakat untuk menikmati buka bersama. Kang Edi demikian terlihat enjoy  buka bareng masyarakat, bahkan kedekatannya dengan masyarakat seolah tak berbatas.

Seorang pemimpin yang merakyat. Sembari menikmati menu buka bersama , kang Edi kepada para kader dan simpatisan Partai Hanura, berujar : “   Kita ini bersaudara. Sebagai saudara tentu kita harus saling mendukung satu sama lain ,”  pesannya. Termasuk, sebagai seorang kader dan pengurus Partai . Untuk membangun Partai Hanura yang dicintai rakyat, kader dan pengurus Partai , Ranting , PAC harus menyediakan waktunya guna membangun komunikasi dengan rakyat, menyapa rakyat, membantu menyelesaikan yang dihadapi rakyat.

Pengurus Partai disemua level  dan semua tingkatan tidak boleh pasif, tapi harus aktif. Turun ditengah masyarakat, sapa mereka, dengarkan aspirasi, lalu bawa aspirasi itu ke DPC.  “  Partai lewat kadernya yang duduk di DPR nanti yang akan membantu memperjuangkannya,” tandasnya. Karena sikap care –nya yang tinggi R. Edi Rachmat telah mampu menuntaskan penataan structural kelembagaan Partai yang dipimpinnya pada 31 PAC, 153 Ranting, se –kota Surabaya .

Sisi positif lainnya yang melekat dalam diri Ketua DPC Partai Hanura Kota  Surabaya, barangkali jiwa kasih sayang dan  kesetiaannya. Dia ini seorang suami yang hangat, seorang ayah yang bijak , dan seorang putra yang sangat menyayangi  Ayah – bundanya. Sesibuk apapun tatkala bundanya memanggil pulang, maka sang Sekretaris Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya ini pun langsung bergegas memenuhi panggilan sang Bunda. R. Edi Rachmat telah memberi keteladanan, ketaatan seorang putra setinggi apapun jabatan disandang ia tetaplah seorang anak yang wajib memuliakan ayah –bundanya.  (hery)

Teks foto :  R. Edi Rachmat,tengah bersama Ibundanya

Teks foto :  R. Edi Rachmat, tengah membagikan sembako pada warga

Teks foto :  R. Edi Rachmat foto bersama Istrinya Mayor TNI AD Nanik Sri Sunarti

Teks foto :  R. Edi Rachmat bersama putri bungsunya

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply


*