30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

PLN Akan Resmikan Dua Desa Teraliri Listrik di Bondowoso

Surabaya, KabarGRESS.com – PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur akan menuntaskan rasio elektrifikasi di Pulau Jawa. Rencananya pada 20 Juni 2017 akan meresmikan dua desa di Kabupaten Bondowoso yang teraliri listrik.

Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Jatim, Pinto Raharjo, menjelaskan peresmian tersebut merupakan salah satu tekad PLN untuk mengejar rasio elektrifikasi menjadi LEPAT atau lebih cepat.

“Rencananya 20 Juni nanti akan meresmikan listrik desa. Merupakan desa terakhir yang belum terlistriki dan akan kami listriki,” ungkap Pinto, Senin (5/6/2017).

Dua desa terakhir yang dimaksud adalah, desa Jirekmas Kecamatan Cerme dan desa Penang Kecamatan Botolinggo, keduanya terletak di Kabupaten Bondowoso.

Diakui Pinto, ada beberapa kendala sebelumnya, yakni infrastruktur. Dua desa tersebut, letaknya melewati wilayah Perhutani yang harus steril dari jangkauan masyarakat umum. Namun hal itu telah diselesaikan PLN melalui kerjasama dan koordinasi.

“Sehingga kenapa sampai tahun 2017 baru bisa laksanakan, ternyata Perhutani juga sangat kooperatif untuk ini. Tidak menemui kendala apapun, sehingga kita bisa mempercepat pembagunan di dua desa tersebut,” paparnya.

Pinto mengatakan, masyarakat sangat antusias dengan program listrik masuk desa tersebut. Diharapkan hal ini mampu meningkatkan kecerdasan masyarakat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Bukti bahwa BUMN hadir untuk negeri, listrik untuk semuanya dan listrik untuk hidup lebih baik,” tambahnya.

Total sekitar 1.500 kepala keluarga yang akan mendapat aliran listrik di dua desa tersebut, yang masing-masing didorong untuk menggunakan daya mininal 900 VA. Sebelumnya, ribuan KK itu menggunakan listrik dari tenaga mesin diesel secara swadaya. (ro)