10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

GUBERNUR PAPARKAN TIGA PRIORITAS UTAMA MADURA

Surabaya , KabarGress.com – Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo memaparkan tiga prioritas utama untuk pembangunan Madura. Ketiga prioritas pembangunan ini, yakni peningkatan produktivitas jagung hibrida, pembangunan geomembran untuk garam, serta penambahan SMK mini di Ponpes-Ponpes yang ada di Madura.

Hal tersebut disampaikan Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim saat Haul Akbar Thoriqoh An-Naqsyabandiyah Ahmadiyah Mudzhariyah & Haul Murobbi Ruhina Sayyidina Abd. Wahid Khudzaifah di Ponpes Darul Ulum II Gersempal, Omben, Kab. Sampang, Kamis malam, (11/5/2017) .

Untuk merealisasikan program-program ini, jelas Pakde Karwo,  dirinya telah menjalin kerjasama dengan Universitas Trunojoyo Madura (UTM) untuk mengembangkan jagung hibrid Madura melalui proses research and development. Pengembangan jagung hibrid  dilakukan sebagai upaya meningkatkan produktivitas jagung Madura yang masih tergolong rendah. “Jagung hibrid hasil riset UTM tersebut mampu menghasilkan 8 – 10 ton per hektar, lebih banyak dari jagung lokal Madura, yang hanya menghasilkan 3,5 – 4 ton per hektar,” ujarnya.

Ditambahkan, untuk itu ia  telah meminta para  bupati di Madura agar menyiapkan masing-masing di daerahnya empat bidang tanah seluas 2.500 hektar  guna  ditanami bibit jagung hasil riset UTM ini. “Pemprov siap mengganti bibitnya jika terjadi kegagalan panen. Yang terpenting pengembangan komoditi ini bisa jalan, mendapat dukungan dari bupati, dan mensejahterakan masyarakat Madura” ujarnya.

Prioritas kedua, lanjut Pakde Karwo, membangun geomembran-geomembran  untuk produksi garam sehingga garam tidak bercamput tanah. Pembangunan tersebut sangat penting karena Madura merupakan daerah produsen garam. Dengan upaya ini maka kualitas  garam di Madura akan meningkat dan ditampung industri. Selama ini, sebagian  garam industri diperoleh dari impor. Lokasi pengembangan antara dua kecamatan, yakni Kecamatan Sreseh dan Kecamatan Pengarengan.

Sementara itu, prioritas ketiga yakni menambah SMK mini di ponpes-ponpes yang ada di Madura. Tujuannya untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan ponpes yang memiliki keterampilan. “Selain itu juga agar makin banyak anak-anak yang tertarik masuk ke ponpes. Saat ini sudah ada 270 SMK mini di Jatim” tuturnya.

Menurut Pakde Karwo, ketiga prioritas pembangunan tersebut bisa berjalan sukses jika didukung oleh ulama dan umaro’. Pasalnya, lima puluh peren permasalahan pembangunan di Madura ditentukan oleh kerukunan antara keduanya. “Mohon ulama dan umaro’ mendukung kami untuk memajukan Madura” pungkasnya.

PERKUAT PENDIDIKAN AGAMA

Pada kesempatan  sama, Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf mengatakan, Pemprov Jatim terus berkomitmen dan bekerja nyata untuk memperkuat pendidikan agama. Diantaranya untuk pembangunan Madrasah Diniyah (Madin).

Gus Ipul, sapaan akrabnya mengatakan, dalam tujuh tahun terakhir Pemprov telah memberikan Rp. 490 Milyar untuk Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) Madin. “Jatim satu-satunya di Indonesia yang memberikan anggaran untuk BOSDA Madin. Ini karena kami percaya dan optimis lulusan Madin itu selain pintar dan cerdas, juga akhlak dan ilmu agamanya kuat. Itulah modal utama menjadi pemenang” katanya.

Tak hanya itu, upaya lainnya untuk memperkuat pendidikan agama saat ini sedang disusun oleh Pemprov. Diantaranya, program beasiswa bidik misi setingkat SMP-SMA bagi anak-anak yang kurang mampu. Prinsip program tersebut sama seperti bidik misi bagi mahasiswa perguruan tinggi.

“Untuk bidik misi SMP-SMA, kami akan bekerjasama dengan ponpes melalui biaya dari pemerintah agar anak-anak yang pintar bisa meneruskan  ke jenjang SMP-SMA” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, pembina Silaturrohim Ikhwan Akhawat dan Simpatisan Thoriqoh An-Naqsyabandiyah al-mudzhariyah Gersempal di seluruh Indonesia (SITQON), , KH Abdul Wahid mengatakan, jamaah SITQON tersebar di 13 kabupaten di seluruh Indonesia.

“Kami semua bertekad membantu pemerintah dalam menjaga keamanan, serta ikut mendidik generasi muda agar terhindar dari narkoba dan aliran radikalisme  yang bisa memecah bangsa dan negara. Kami juga bersyukur Jatim suasananya selalu damai dan harmonis, ini merupakan cerminan dari Gubernur dan Wagubnya yang harmonis dan baik” katanya.

Haul pada malam hari itu dihadiri oleh Sekdaprov Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi, Plt. Bupati Sampang, Kapolres, Dandim, dan ribuan jamaah SITQON . (hery)