10/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Awal Mei 2017, PDAM Surya Sembada Akan Jalankan Program Penggantian Meter Air Secara Berkala

Surabaya, KabarGress.Com – Mulai awal Mei hingga Desember 2017, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya, menjalankan program meterisasi.

Meterisasi adalah program untuk mengganti meter air pelanggan secara berkala dan bertahap tiap lima tahun sekali. Dalam program meterisasi, petugas PDAM, datang ke rumah pelanggan untuk mengganti meter air lama dengan meter air baru. Penggantian meter dalam program meterisasi ini, tidak termasuk meninggikan, merendahkan atau memindah lokasi meter, yang dilakukan oleh petugas hanya mengganti meter saja.

Manajer Sekretariat dan Humas, Ari Bimo Sakti menegaskan seluruh proses penggantian, pembongkaran dan rekondisi jedingan atau kotak meter air (jika ada) tidak dipungut biaya atau gratis. Lebih lanjut Bimo menjelaskan petugas yang mendatangi rumah pelanggan dilengkapi dengan tanda pengenal, surat tugas dan seragam. “Jika ada yang memungut biaya atau ada hal-hal yang mencurigakan segera laporkan ke saya melalui sms 08170056666 atau jalur-jalur akses pelayanan PDAM,” tambahnya.

Untuk wilayah meterisasi tahun 2017 ini meliputi A.Yani, Jemur Gayungan, Jetis Baru, Jetis Kulon, Karangrejo, Ketintang, Pulo Tegalsari, Pulo Wonokromo, Wonokromo, Karah, Kebonsari, Bendul Merisi, Bentul, Gadung, Gembili, Ubi, Tales, Jagir Sidomukti, Jagir Wonokromo, Pulo Wonokromo Wetan, Jagir Sidoresmo, Sidoresmo, Sidosermo, Jemursari, Kendangsari, Tenggilis, Perum Delta Permai, Jemursari, Prapen Indah, Rungkut Permai, Rungkut Harapan, Banyu Urip, Simorukun, Pandegiling, Wonorejo, Kedung Klinter, Kedung Turi, Simogunung, Giri Laya, Kembang Kuning, Pakis, Sukomanunggal, Lempung Sari, Manukan, Balongsari, Bibis Tama dan sekitarnya.

Dalam pelaksanaannya, dimohon pelanggan membantu kelancaran proses meterisasi dengan mengawasi prosesnya dan menandatangani berita acara tentang posisi angka meter terakhir stand meter air yang lama pada form yang telah disediakan oleh petugas. “Setelah diganti nanti, mohon pelanggan menjaga, memelihara dan mengamankan meter airnya,” harap Bimo.

Program meterisasi atau penggantian meter ini merupakan salah satu upaya yang dilakUkan PDAM Surya Sembada meningkatkan keakurasian pembacaan meter serta penghitungan pemakaian air Pelanggan. Disamping itu, untuk menekan tingkat kehilangan air selain upaya seperti sweeping dan penindakan pencurian air. (ro)