11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

PLN Dist Jatim Bangun MCK di Pacitan dan Sumenep

* Program BUMN Hadir Untuk Negeri

Surabaya, KabarGRESS.com – Kabupaten Pacitan dan Sumenep, terpilih sebagai lokasi penyaluran program BUMN Hadir Untuk Negeri dari PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur. Dipilihnya kedua wilayah tersebut mengingat masih  banyak warga miskin yang belum merasakan pembangunan fasilitas umum dari pemerintah. Demikian diungkapkan Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jatim, Pinto Raharjo, Kamis (27/4/2017).

“Latar belakang dipilihnya kedua wilayah tersebut karena di dua wilayah tersebut masih banyak rakyat miskin yang belum dijangkau oleh pemerintah. Data tersebut kami dapat dari jumlah pelanggan miskin yang ada pada data base pelanggan PLN,” terangnya.

Di masing-masing wilayah tersebut, PT PLN Distribusi Jawa Timur diwajibkan untuk membangun berbagai sarana prasarana umum. Diantaranya membuat tempat Mandi Cuci Kakus (MCK) yang jumlahnya 53 titik di masing-masing wilayah sebagai bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Tidak hanya membangun MCK, PT PLN Dist Jatim juga bakal menggelar pasar murah di dua wilayah tersebut, yang pelaksanaannya pada bulan Ramadhan mendatang, dengan target sedikitnya ada 1.000 penerima yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Program BUMN Hadir Untuk Negeri ini bakal dilaksanakan kurang lebih selama satu tahun. Target yang direncanakan adalah pada Bulan Oktober 2017 mendatang dimana program tersebut dapat rampung dilaksanakan. “Target kami bulan Oktober. Untuk progres saat ini pada awal bulan Mei mendatang sudah ada beberapa MCK yang telah dibangun di dua wilayah tersebut,” tandasnya.

Melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri ini, PLN Distribusi Jatim menargetkan keberadaan BUMN sebagai badan usaha milik pemerintah dapat dirasakan efek positifnya bagi masyarakat. Terutama masyarakat yang masih terbilang miskin.

Terkait program BUMN Hadir Untuk Negeri, PLN Distribusi Jatim juga memiliki program-program yang berkenaan dengan bidang pendidikan. “Program tersebut akan segera dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2017,” pungkasnya. (ro)

Teks foto: Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jatim, Pinto Raharjo.