11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

PJB Akan Memulai Sistem Digital untuk Pemeliharaan Alat-alat Produksi Energi Listrik

Surabaya, KabarGRESS.com – Mulai Mei 2017 mendatang, PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) akan memulai pemberlakukan sistem pemeliharaan digital bagi alat-alat produksi energi listrik miliknya. Demikian disampaikan Sekretaris Perusahaan PT Pembangkit Jawa-Bali (PJB), Muhammad Bardan, dalam acara Jumpa Pers yang digelar di Soto Kudus Resto, Jalan Gayungsari Surabaya, Jumat (28/4/2017).

Menurut Bardan, saat ini pihaknya telah memiliki remote engineering optimization diagnostic operation center yang fungsinya sebagai alat untuk mendiagnosa kerusakan pada mesin yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik.

“Khususnya untuk turbin pembangkit listrik yang kita miliki. Jadi, setiap lekuk tubuh mesin turbin pembangkit listrik yang kita miliki telah dipasang sensor-sensor yang berguna untuk mendeteksi terjadinya kerusakan. Sensor tersebut sangatlah peka, jika ada kerusakan sekecil apapun, sensor tersebut bakal mengirim sinyal bahaya kepada ruang server. Dengan kata lain kami dapat melakukan pencegahan sebelum terjadi kerusakan fatal nantinya,” terang Bardan.

Lantas, untuk dapat melakukan pemeliharaan jangka panjang, ia mengaku jika PT PJB memiliki semacam server engineering center base. “Server tersebut berguna sebagai perekam data base kerusakan yang pernah terjadi di dalam mesin. Dengan demikian, kami bisa antisipasi jika ada kerusakan di kemudian hari,” timpalnya.

Disebutkan Bardan, untuk saat ini ada 28 pembangkit listrik yang operasionalnya di bawah tanggungjawab PT PJB. Lantas, ketika ditanya target realisasi pemeliharaan dengan cara digitalisasi tersebut, Bardan menjelaskan, bahwa pihaknya mentuntaskan program tersebut pada Oktober 2017.

“Untuk saat ini kami sudah memasangnya di dua titik turbin pembangkit listrik, lantas ke depan kami bakal pasang di semua mesin turbin yang menjadi tanggungjawab PT PJB,” pungkasnya. (ro)

Teks foto: Sekretaris Perusahaan PT Pembangkit Jawa-Bali (PJB), Muhammad Bardan, dalam acara Jumpa Pers yang digelar di Soto Kudus Resto, Jalan Gayungsari Surabaya, Jumat (28/4/2017).