30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

OJK Training 150 UMKM dan Ibu-ibu PKK

Surabaya, KabarGRESS.com – Untuk mencegah terjadinya penipuan pada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional (Koreg) 4 Jatim melakukan Training of Trainers (ToT), pada sekitar 150 UMKM dan ibu-ibu PKK Kecamatan Sawahan Surabaya, Kamis (20/4/2017).

Kepala OJK Koreg 4 Jatim, Sukamto, mengatakan kecerdasan dalam mengelola keuangan sangat diperlukan, khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam Pahlawan Ekonomi (PR) dan UMKM.

“Jangan sampai untungnya habis, karena dibuat beli barang yang sebenarnya kurang diperlukan,” ungkap Sukamto di Kantor kecamatan Sawahan, usai membuka ToT.

Tujuan dari ToT ini, jelas Sukamto agar pelaku UMKM dan PE, bisa mengelola keuangan dengan baik, dan bisa berkomunikasi dengan baik dengan pelaki sesama pelaku eknomi dan pemberi modal untuk mengembangkan usahanya.

Menurut Sukamto, banyak masyarakat yang tergiur dengan bunga yang tinggi, padahal yang menawarkan lembaganya tidak punya izin. Akibatnya mereka jadi korban investasi bodong.

Camat Sawahan, Yunus mengatakan  di kecamatan sawahan ada sekitar 162 UMKM. Untuk dikawasan Doly ada 20 UMKM. Mereka adalah pelaku baru, dan sekarang telah berkembang pesat. Sudah menjadi pelaku ekonomi yang mandiri. Sedangkan produksi yang ditekuni ada batik, kuliner, sandal, sablon, sepatu dan konveksi. (ro)