PARTAI HANURA KABUPATEN SIDOARJO SIAP SUARAKAN ASPIRASI KAUM DIFABEL

Sidoarjo, KabarGress.com – Kaum difabel dalam kancah perpolitikan negeri ini belum sepenuhnya mendapat tempat sejajar dengan masyarakat secara umum. Sehingga kaum ini masih belum bisa berperan secara aktif untuk mempergunakan hak politiknya , dipilih dan memilih dalam pileg, pilkada dan pilpress.

Karena merasa kebijakan yang ada dinilai belum memperoleh hak politik yang sama  Hakim salah satu difabel warga Sidoarjo ini bertandang ke DPC Partai Hanura Kabupaten Sidoarjo, Selasa malam 18 April 2017.

Kepada Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Sidoarjo, Haji Dondik Agung Subroto ( Abadont) mendiskusikan realitas ini, seraya mencarikan jalan keluarnya, dengan harapan pileg 2019 mendatang kaum difabel di kabupaten Sidoarjo, dapat berpartisipasi dan dapat menggunakan hak politiknya, bisa maju menjadi caleg.

Haji Dondik Agung Subroto, yang akrab dipanggil Abadont, menuturkan bahwa Partai Hanura merupakan Partai terbuka tentunya bakal memberikan ruang bagi kaum difabel ini. Untuk itu Partai Hanura Sidoarjo akan memfasilitasi kaum difabel, supaya secara politik bisa memperoleh suara dan hak politik yang sama.

” Partai Hanura Sidoarjo akan memfasilitasi aspirasi supaya memperoleh kesamaan hak berwarga negara bagi difabel ,” aku Abadont, Rabu malam (19/4/2017). Atensi tersebut karena kaum difabel bagian dari warga negara, yang secara konstitusi juga diberikan hak. Termasuk politik sebagaimana warga negara lainnya.

Pointnya tandas Abadont jangan sampai orang tua yang mempunyai anak difabel menganggap itu suatu musibah atau aib, pelayanan masjid atau mushola untuk kaum difabel (tempat ibadah)harus ada tempat khusus untuk mereka  .” Dengan fasilitas yang disedikan supaya kalau mau ibadah saudara kita yang difabel ini bisa menjalankan ibadahnya dengan baik dan khusyu ,” imbuh Abadont.

Begitu pula terkait memperoleh hak pendidikan.  Penyelenggara pendidikan juga sudah waktunya memberikan kedudukan sama, seperti warga umumnya. Artinya bagi para penyandang difabel bisa melanjutkan kuliah . Jangan sampai ada diskriminasi.

Partai Hanura Sidoarjo telah banyak memperoleh masukan dari penyandang difabel. Dan yang pasti masukan tersebut nantinya akan dilakukan pendalaman seperti apa yang sesungguhnya posisi difabel,  Partai Hanura Kabupaten Sidoarjo bakal melakukan kajian -kajian strategis terkait informasi yang ada saat ini.

Sementara terkait niatan Hakim sebagai penyandang  difabel dan  berprofesi seorang lawyer yang hendak bergabung ke Partai Hanura Kabupaten Sidoarjo, selaku ketua DPC Abadont mengaku welcome.

Bahkan Abadont akan mempertimbangkan memberi posisi wakil ketua bidang pelayanan masyarakat. Posisi dimaksud menurut Abadont sesuai kapasitas keilmuan serta kapasitas yang bersangkutan selaku konsultan hukum. ”  Pertimbangannya ketika ada masyarakat yang butuh pendampingan dan advokasi itu bisa dihandel olehnya. Sebab spirit Partai Hanura antara lain adalah mampu mecover kebutuhan masyarakat,” tegas Abadont. (hery)

Leave a Reply


*