30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Royal Plaza Surabaya Kian Getol Majukan Bisnis Kebaya Lewat Exotica Kebaya 2017

Surabaya, KabarGRESS.com – “Shopping, Lifestyle & Entertainment” Royal Plaza Surabaya, Jl Ahmad Yani No. 16-18 Surabaya 60231, kembali memeriahkan hari Kartini tahun ini dengan menggelar “Exotica Kebaya” selama tiga hari, 28-30 April 2017. “Event ini untuk yang kelima kalinya sejak digelar pertama kali pada 2013,” ungkap Divisi Promosi Royal Plaza Surabaya, Theresia Noviana, di sela-sela sesi foto, Selasa (18/4/2017).

Menurut Theresia, ajang Exotica Kebaya terbukti telah melahirkan talenta-talenta desainer khususnya kebaya. “Banyak para perancang busana yang awalnya hanya sebagai peserta, berkat ketekunan dan kreatifitasnya sekarang sukses memiliki label sendiri. Ini memang menjadi target kami untuk memajukan bisnis kebaya khususnya di Surabaya,” tandasnya.

Pameran ‘Exotica Kebaya’ rencananya akan melibatkan desainer dari kota Surabaya, Jakarta dan beberapa desainer dari daerah lain di Indonesia. Seperti Dyan Nugra, Elok Re Napio, Raisa Maya Sari, Lia Afif, Denny Djoewardi, Hendhy Setiawan, Kanaya Kebaya, Rumah Kebaya dan Rodeo Pradani serta masih ada beberapa lainnya.

Rodeo Pradani merupakan satu diantara desainer asal Surabaya yang akan mengikuti acara Exotica Kebaya 2017. “Saya akan menampilkan lima kebaya dengan nama Darajana yang berarti Dara itu perempuan dan Daja adalah manusia. Lima kebaya Darajana akan hadir dalam lima karakter berbeda tapi dengan bahan yang sama kain Jaguar,” kata Rodeo.

“Dan, ini merupakan tahun kedua saya ikut bagian di acara Exotica Kebaya,” tambahnya.

Wiwied Mayasari dari Vania Gallery, mengusung karya berthema ”Cherry Glaze” yang berarti Buah Ceri yang Bercahaya. “lnspirasinya berasal dari warna buah ceri yang rasanya segar, manis, berwarna cerah menarik dan terkesan ceria penuh suka cita,” ujarnya.

“Dari sini saya memakai warna-warna dari buah ceri seperti merah terang dan juga pink fuchsia, bahan yang saya gunakan untuk show kali ini yaitu beludru dipadu dengan batik emboss, thai silk, brocade prada dan lace,” lanjutnya.

Wiwied mencoba memadukan antara batik emboss yang mudah dengan harga terjangkau bisa tampil exclusive dengan garis feminine yang terkesan mewah dan glamour, disertai dengan detail payet, mutiara, swaroski dan juga batu-batuan. “Design saya kali ini bergaya tradisional modern dengan cutting asimetris dan peplum yang sedang trend saat ini,” tukasnya.

Wiwied menambahkan karyanya ini diperuntukkan untuk wanita muslimah yang ingin tampil beda dan modern untuk pergi ke pesta maupun digunakan sebagai baju pengantin, prewedding dan sebagainya. “Design ini dapat digunakan wanita muslimah berusia remaja 20 tahun hingga 40 tahun,” tutupnya.

Dalam event ini akan ada kompetisi lomba seperti Lomba Rancang Kebaya, Lomba Ilustrasi Kebaya, Lomba Putri Kebaya, Lomba Fashion Photografi dan Lomba Anak Kebaya. Dan hadiah jutaan rupiah sudah disiapkan panitia.

Untuk para siswa SMK dan Mahasiswa tata busana bisa turut berpartisipasi untuk mengikuti lomba karena lomba terbuka untuk umum. Cukup datang ke counter informasi Royal Plaza Surabaya lalu mendaftarkan diri. (ro)