30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Hj. Emilia Contessa: Persatuan Muncul karena Adanya Keberagaman

Banyuwangi, KabarGRESS.com – Bertempat di Balai Desa Seneporejo Kec. Siliragung Banyuwangi, Senin 17 April 2017, Anggota DPD RI Dapil Prov. Jawa Timur, Hj. Emilia Contessa, menggelar kegiatan Dengar Pendapat yang dihadiri ratusan warga dan tokoh masyarakat lintas Agama, Pemuda dan Kelompok Wanita.

Acara yang dilaksanakan bekerjasama dengan Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Kec. Siliragung tersebut mengupas permasalahan ancaman terhadap keutuhan NKRI dengan tema “Penegasan Bhinneka Tunggal Ika sebagai perekat kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk memperkuat wawasan Nusantara”.

Belakangan ini, kebhinnekaan Indonesia seringkali tercabik oleh kepentingan sekelompok orang maupun golongan dan terkesan hendak meniadakan kesepakatan yang telah dibangun para pendiri bangsa, sekelompok orang yang menggunakan isu-isu keagamaan, ke-sukuan maupun golongan. Hal inilah yang menjadi dasar MPR RI menugaskan para wakil rakyat/Anggota MPR RI (DPR maupun DPD) untuk kembali ke konstituennya dan memberikan pemahaman guna menumbuhkembangkan dan mendorong implementasi kebhinnekaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Persatuan itu ada karena adanya keberagaman, untuk menjaganya masing-masing orang memikul kewajiban sehingga dapat mengedepankan sikap toleran, saling menghormati dan tidak memprovokasi, sikap seperti ini pernah dicontohkan oleh para pendiri bangsa tatkala mereka bermusyawarah tentang sila pertama pada Pancasila,” tegas Emilia.

Kesefahaman terhadap nilai-nilai kebersamaan sebagai sebuah bangsa yang besar dan berdaulat serta menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila haruslah senantiasa menjadi gerakan bersama dengan tujuan mulia berupa terselenggaranya Pemerintahan yang adil untuk memakmurkan seluruh rakyat Indonesia, tanpa membedakan suku, agama, etnis, pilihan konstitusional maupun strata sosialnya.

Menyikapi beberapa kejadian yang akhir-akhir ini sering mewarnai media pemberitaan cetak maupun elektronik, serta demikian panasnya suhu politik di Ibukota, senator peraih suara terbesar di Jawa Timur ini mengingatkan agar masyarakat Banyuwangi serta masyarakat Jawa Timur pada umumnya, bisa senantiasa menanamkan sikap toleran terhadap perbedaan yang ada, tidak saling mengejek atau memproklamirkan diri maupun kelompoknya sebagai kelompok yang super dan selalu benar, karena pada dasarnya, ciri kemajemukan masyarakat Indonesia yang terintegrasi secara Nasional adalah sebuah fakta sekaligus potensi yang dapat dikembangkan guna menunjukkan jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar dan mampu hidup rukun di atas kemajukan yang ada.

Kepada kontributor KabarGress yang mewawancarainya, Emilia Contessa menegaskan, ”Yang paling penting adalah kita harus selalu menyadari dan bangga bahwa kita ditakdirkan menjadi rakyat Indonesia, sebuah negeri yang gemah ripah loh jinawi. Adalah kewajiban kita bersama untuk mengajarkan kepada generasi penerus bangsa agar mereka cinta Indonesia dan tidak terpedaya oleh masuknya faham asing yang berpotensi meluluhlantakkan persatuan kita”. (Bo)

Teks foto: Anggota DPD RI Dapil Prov. Jawa Timur, Hj. Emilia Contessa, menggelar kegiatan Dengar Pendapat yang dihadiri ratusan warga dan tokoh masyarakat lintas Agama, Pemuda dan Kelompok Wanita, bertempat di Balai Desa Seneporejo Kec. Siliragung Banyuwangi, Senin (17/4/2017).