30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

DPC PKS Sambikerep Gelar Seminar Kanker Serviks

dr. Candra: Kanker Serviks Bisa Disembuhkan

Surabaya, KabarGress.Com – Menyambut Milad ke 19, PKS semakin gencar berkhidmat untuk rakyat baik di tingkat DPD maupun DPC. Hari ini (Ahad, 16 April 2017), DPC PKS Sambikerep mengadakan Seminar dan Talkshow Kartini Peduli Kanker Serviks. Kegiatan ini juga diadakan dalam rangka memperingati hari Kartini yang akan jatuh pada tanggal 21 April mendatang.

Seminar ini bertujuan untuk mengajak dan mengedukasi “kartini-kartini” Sambikerep tentang bahaya dan cara deteksi dini kanker serviks. Narasumber acara seminar ini adalah Ketua Bidang Kesra DPD PKS Surabaya, dr. Candra Wijayanti, Sp.Og.

“Kanker serviks sangat berbahaya karena dampaknya tidak hanya bagi diri sendiri tapi seluruh keluarga. Hal ini dikarenakan untuk mengobati kanker membutuhkan biaya yang mahal dan tidak semua rumah sakit bisa mengobatinya.”, jelas dr. Candra.

“Meskipun berbahaya tetapi kanker serviks bisa dicegah bahkan disembuhkan asal sejak dari awal sudah ditanggulangi, yaitu melalui deteksi dini lewat pemeriksaan pap smear, lalu vaksin kanker.”, lanjut beliau.

Pap smear adalah sebuah prosedur untuk menguji kehadiran kanker serviks pada wanita. Manfaat pap smear adalah deteksi dini kanker serviks yang sangat penting untuk pengobatan sejak pra kanker, jadi peluang kesembuhan menjadi lebih besar. Pemeriksaan pap smear juga dapat mendeteksi perubahan sel-sel leher rahim yang kemungkinan dapat berubah menjadi kanker di masa depan. Mendeteksi sel abnormal sejak dini dengan melakukan tes ap smear, merupakan langkah pertama dalam menghentikan kemungkinan perkembangan kanker serviks.

Acara tersebut dihadiri kurang lebihnya 35 ibu-ibu dan remaja putri Sambikerep. Di penghujung acara juga dilakukan pemeriksaan pap smear gratis. (tur)