11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Mastercard dan Eko-Pay Mendorong Transaksi Pembayaran B2B Secara Digital di Asia Pasifik Melalui Layanan Eko-B2B

Jakarta, 13 April 2017, KabarGRESS.com – Menyadari adanya peluang yang terus berkembang serta perlunya membantu digitalisasi transaksi pembayaran dalam business-to-business (B2B), Mastercard mengumumkan kemitraannya dengan Eko-Pay untuk memperkenalkan Eko-B2B, salah satu solusi pembayaran digital baru dan terbaik di kelasnya bagi para pelaku usaha di kawasan Asia Pasifik.

 

Eko-B2B akan menyediakan solusi pembayaran otomatis bagi pelaku usaha di mana hal ini akan memungkinkan mereka untuk merampingkan alur kerja dan meningkatkan produktivitas dalam transaksi pembayaran B2B. Disediakan oleh Eko-Pay, sebuah perusahaan teknologi dengan solusi eksklusif untuk transaksi keuangan dan non-keuangan, Eko-B2B terintegrasi secara mulus dengan platform inControl dari Mastercard untuk memfasilitasi pembayaran bisnis, mengurangi inefisiensi dan meningkatkan transparansi.

 

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan konsultan global, McKinsey, mengenai pertumbuhan pembayaran komersial di Asia Pasifik, 90 persen dari pembayaran B2B di kawasan ini masih dilakukan secara tunai, di mana hal ini mencerminkan adanya peluang yang sangat besar untuk mendigitalisasi sistem pembayaran tersebut. Perluasan jaringan pelanggan dan pemasok di seluruh pasar, pertumbuhan transaksi lintas negara (cross-border) dan besarnya Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan alasan utama yang mendorong pertumbuhan pembayaran B2B di wilayah tersebut.

 

Membawa transparansi dan efisiensi yang lebih baik bagi pembayaran bisnis

 

Solusi Eko-B2B membawa transparansi dan efisiensi yang lebih besar bagi semua pihak yang terlibat dalam proses pembayaran B2B. Portal web dari vendor dan pemasok akan memungkinkan akses setiap saat terhadap rincian pembayaran saat itu maupun history rincian pembayaran sebelumnya serta dashboard yang dapat melacak statistik kinerja bisnis utama mereka, mengurangi kebutuhan terhadap sistem-sistem pembayaran manual dan kerumitan yang menyertainya serta inefisiensi operasional.

 

Hubungan jaringan pemasok dan on boarding

Beragam sistem pembayaran (multiple payments) yang harus dikelola, pembayaran non-elektronik dan keengganan (resistensi) pemasok untuk berubah merupakan permasalahan yang sering dialami oleh para pelaku bisnis ketika mereka mencoba menerapkan sistem pembayaran secara digital di seluruh jaringan pemasok mereka.  Dengan solusi Eko-B2B, Eko-Pay menawarkan alternatif pengelolaan proses onboarding pemasok bagi para pelaku usaha, yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan keuntungan dari solusi pembayaran B2B dengan waktu yang dibutuhkan seminimal mungkin.

 

“Eko-Pay sangat senang untuk bekerja sama dengan Mastercard dalam menyediakan solusi pembayaran yang menjembatani kesenjangan (gap) utama pada lingkup pembayaran B2B,” ujar Jean-Pierre Gagnon, Chief Executive Officer, Eko-Pay. “Keseluruhan platform dirancang dengan kemudahan untuk memungkinkan adopsi yang cepat melalui jaringan bisnis lokal dan internasional, dan menyediakan solusi penerimaan pembayaran yang lebih baik.”

 

Nagesh Devata, senior vice-president, Acceptance and Merchant Development, Asia Pasifik, Mastercard mengatakan,”Banyak pelaku usaha saat ini, terlepas dari ukuran bisnis mereka, berhubungan dengan jaringan pemasok yang tersebar di berbagai negara. Hal tersebut dikarenakan mereka tidak hanya ingin bertahan namun juga berkembang di pasar global. Walau demikian, masih banyak perusahaan yang sangat bergantung pada pembayaran tradisional (non-digital) untuk memproses transaksi bisnis mereka, yang menyebabkan terbuangnya waktu dan juga penggunaan sumber daya yang tidak diperlukan. Untuk perusahaan yang telah mengadopsi solusi pembayaran digital, mereka seringkali menghadapi resistensi dan tantangan dari jaringan pemasok dan vendor mereka dalam menerapkan proses pembayaran terbaru tersebut. Melalui kemitraan dengan Eko-Pay untuk meluncurkan solusi pembayaran yang sepenuhnya otomatis dan memungkinkan mereka untuk menikmati peningkatan efisiensi dan penghematan biaya secara real-time dengan menggunakan solusi pembayaran digital, kami ingin memecahkan permasalahan kunci yang dihadapi oleh perusahaan B2B tersebut.”

 

Solusi Eko-B2B kini telah tersedia di wilayah Asia Pasifik, dan perusahaan yang tertarik untuk menerapkan platform ini dapat menghubungi Mastercard atau Eko-Pay. (ro)