30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

PLN Dist Jatim Siap Tampung Energi TPA Benowo

Surabaya, KabarGRESS.com – Sebagai bentuk apresiasi kepada swasta maupun per orangan yang berhasil mengembangkan energi baru dan terbarukan, PLN Jatim siap membeli berapa pun jumlah yang dihasilkannya.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jatim, Pinto Raharjo, mengungkapkan pihaknya terus  membeli lstrik dari Pemkot Surabaya yang mengelola Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo Surabaya melalui pihak ketiga yakni PT Sumber organik (PT SO) yang mengelola sampah sehingga bisa menghasilkan energi listrik sekitar 2 Megawatt, serta mampu menghasilkan dan menjual listrik 1,6 Mega Watt (MW) per hari ke PLN.

“Kita sudah bekerjasama dengan pengelola TPA Benowo, dan bisa jadi ini menjadi satu-satunya TPA di Indonesia yang bisa mengelolah sampah menjadi energi listrik, dan ini salah satu energi baru terbarukan,” kata Pinto di Surabaya Senin (10/4/2017).

Keberadaan listrik dari energi terbarukan terus berkembang di TPA Benowo lanjut Pinto, akan mengurangi ketergantungan bahan bakar fosil bisa diminimalisasikan atau bahkan dihentikan. “Sampah di tempat tersebut akan terus bertambah meski dibakar setiap hari untuk menghidupkan pembangkit,” terangnya.

Dijelaskan Pinto PLN Jatim akan terus mendorong masyarakat dan pemerintah daerah agar melakukan trobosan membuat pembangkit baru dan terbarukan.

“Meski kami saat ini mengalami surplus namun pembelian energi terbarukan dari swasta akan dipergunakan untuk sektor industri, dan bisnis sehingga perekonomian bisa maju, disamping penerangan lingkungan,” tandasnya. (ro)

Teks foto: Pinto Raharjo.