30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Masyarakat Konsumtif, Dropshipping Kian Booming

Surabaya, KabarGRESS.com – Kenyataan gaya hidup masyarakat kita yang konsumtif, mendorong dropshipping kian booming. Dan hari ini tampak puluhan member baru mengikuti “Pelatihan Dropshiper Handal & Extreme (Optimalisasi Penjualan di Marketplace Indonesia)”, bertempat di Rumah Cassa Meeting Room, Sabtu (1/4/2017).

 

Mereka mempelajari beberapa materi yang telah disiapkan panitia, diantaranya Pengenalan Materi Bisnis Dropshipping, Pengenalan Marketplace Terlaris Indonesia (Tokopedia, Bukalapak dan Shopee), Penentuan Suplier yang Tepat, Penentuan Produk yang Tepat Dijual, Penggunaan Software Yagami Super Scrape (Toko Online Revolution), setan Tip dan Triks Agar Penjualan Booming Puluhan hingga Ratusan JUTA!!!

 

Mas Dwi Dan Nugroho, selaku panitia pelatihan, mengungkapkan di era Digital ini, teknologi berkembang begitu pesat. Sedemikian pesatnya hingga muncul automatisasi di semua lini. Seakan-akan semua yang dahulunya manual, secara tiba-tiba berubah automatis dan online dalam sekejap mata. “Dulu temu fisik, sekarang online. Dulu perpanjang SIM perlu datang kesana kemari, sekarang tinggal ketik dari gadget masing-masing bisa selesai,” ujarnya.

 

Begitu pula dengan 2 dekade silam, kita tidak pernah membayangkan akan dapat berjual beli tanpa bertemu langsung dan tanpa uang fisik. Semua mesti bertemu tatap muka, stempel sana sini, baru kemudian dana cair. Namun hari ini, hanya tinggal klik, barang yang kita mau dapat sampai ke depan rumah secara cepat.

 

“Perkembangan yang begitu pesat ini juga mempengaruhi dunia marketing. Kita hari ini mengenal telemarketing hingga yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan, internet marketing. Dunia internet marketing menawarkan peluang yang hampir tidak terbatas baik bagi pemilik usaha, pembeli, hingga para pelaku Dropship. Kesemuanya terjalin secara apik di dalam Marketplace, alias situs jual beli online,” lanjutnya.

 

Marketplace sendiri teIah tumbuh dan berkembang di Indonesia dalam kurun waktu 1 dekade belakangan ini. Mulai dari FJB Kaskus, lalu muncul Toko Bagus (Kini OLX), hingga kini Tokopedia, Bukalapak dan rekan-rekan sejawatnya tumbuh. Sejatinya, perkembangan Marketplace di Indonesia tidak hanya menguntungkan bagi penjual maupun pembeli saja. Namun, ada pula pihak lain yang turut merasakan manfaat dari kehadiran Marketplace-Marketplace tersebut. Pihak ini sering disebut dengan istilah Dropshipper, atau para pelaku Dropship.

 

Apa itu Dropship? Dropship adalah salah satu sistem jual beli online yang memungkinkan para pelakunya untuk berbisnis tanpa harus memiliki stok barang terlebih dahulu. Cukup dengan menyediakan foto, deskripsi produk dan harga, anda dapat menjalankan bisnis ini. Geliat Dropship di Indonesia sejatinya terus bergerak tanpa henti seiring dibukanya banyak marketplace baru. Meski telah ada sejak lama, banyak yang be|um mengenal apa itu Dropshipper.

 

Di Indonesia sendiri, saat ini telah hadir product creator berbasis teknologi informasi yang memudahkan penggunanya menjadi dropshipper handal. Yagami Group, itulah namanya, dengan nama salah satu produknya yang cukup terkenal Yagami Super Scrape. Kemunculan grup ini sendiri bisa dibilang cukup unik.

 

Berawal dari 2 orang yang kebetulan sering bertemu di 1 warnet yang sama pada awal tahun 2000 an. Doddy Rahman, yang saat ini masih menjadi penjaga warnet dan Ariadi Jatmiko, pelanggan setia warnet tersebut. Keduanya memiliki rasa haus dan Iapar akan dunia internet marketing.

 

Kesamaan rasa inilah yang akhirnya membuat perjumpaan keduanya semakin intens. Perbincangan demi perbincangan terus dilakukan dalam membahas dunia internet marketing. Akhirnya, pada tahun 2014, pasca keduanya bertemu di sebuah acara yang mengusung ketahanan pangan, terbentuklah Yagami Group. Nama Yagami sendiri diambil dari karakter game King Of Fighter yang digemari oleh Doddy, dan salah satu karakter dalam komik Dead Note yang disukai oleh Ali.

 

Pada awal berdirinya, produk yang dihasilkan berupa plugin wordpress, sebuah cms atau template website dan themes untuk mempercantik website. Ebook optimasi penghasilan di dunia internet marketingpun banyak yang dihasilkan. Aplikasi android dan iOS pun tak luput dari hasil product creator ini.

 

Pada akhir 2014 akhirnya terciptalah Yagami Super Scrape. Produk ini berawal dari kondisi yang diambil dari kebutuhan pribadi berjualan online di Marketplace. Saat itupun fokusnya masih terbatas pada Tokopedia dan Bukalapak saja. Namun tak disangka, berawal dari keinginan kecil, ingin berjualan online secara mudah, hasil dari Yagami Super Scrape sangat melebihi ekspektasi. Barang-barang di rumah keduanya sering habis dijual ataupun digadaikan hanya demi melayani pembeli yang datang. Modal habis, akhirnya tokopun sering tutup.

 

Melihat potensi yang luar biasa besar ini, keduanya lantas sepakat untuk mengajak handai taulan menggunakan produk tersebut. Ternyata, feedback yang diterimapun luar biasa pula. Orang-orang mulai berbondong-bondong menggunakan software tersebut. Setelah melihat respon tersebut, keduanya mulai menawarkan produk ke kalangan terbatas. Kembali, respon positifpun didapatkan. Banyak orang memuji ketangguhan produk Vagami Super Scrape.

 

Namun, di tahun yang sama pula, badai menerpa grup ini. Software mereka ditiru dan dibajak oleh orang tidak bertanggungjawab. Inilah gelapnya usaha product creator di Indonesia, ide produk bisa ditiru dan dikembangkan tanpa adanya perlindungan hak cipta yang kuat.

 

Terlepas dari badai tadi, keduanya mengerti, bahwa hari ini banyak orang yang mencari penghidupan dari dunia internet marketing. Dibajaknya Yagami Super Scrape merupakan tanda, produk mereka unggul di pasaran dibanding para pesaingnya. Akhirnya pada awal 2016, keduanya sepakat, Yagami Super Scrape dijual dengan bebas. Target marketnyapun lebih beragam. Awalnya hanya bisa berjualan di Tokopedia dan Bukalapak saja, sekarang dapat digunakan untuk berjualan di Shopee, Mall Jualan, Jualo, Tokoone, OLX, Kaskus, hingga Carousell.

 

Saat ini Yagami Group tengah menyiapkan release produk baru yang dapat memudahkan orang berbisnis Dropship di pasar Iuar negeri. Idenya seperti dropship Yagami Super Scrape, namun pasarnya diperluas ke Internasional, bernama Yagami Scrape International. Selain itu tengah disiapkan dan diujicoba pula produk lain seperti Yagami lGPoster (Auto Instagram Uploader) dan lain-lain.

 

“Jadi software ini dapat membantu meningkatkan omzet para dropshipper dalam berbisnis online,” imbuh Doddy Rahman. (ro)