Bharatika 2017, Ajak Anak Muda Lebih Kreatif dan Inovatif

Surabaya, 17 Maret 2017-UK Petra, KabarGRESS.com – Bharatika Cretive Design Festival kembali diadakan di UK Petra! Acara ini merupakan rangkaian acara kompetisi design tahunan yang diadakan oleh Fakultas Seni dan Desain UK Petra. Setelah lima kali diadakan, maka tahun ini Bharatika Creative Design Festival 2017 akan kembali digelar selama tiga hari berturut-turut mulai hari Kamis-Sabtu tanggal 16-18 Maret 2017 di Gedung Balai Pemuda Surabaya-Jalan Gubernur Suryo no 16, Surabaya mulai pukul 10.00-20.00 WIB.

Mengusung tema WANIFESTO, Bharatika 2017 menyuguhkan sesuatu yang berbeda. “WANIFESTO merupakan gabungan dari kata wani yang dalam bahasa Jawa berarti berani dan manifesto. Makna WANIFESTO sendiri adalah sebuah pernyataan mengenai keberanian melawan ketakutan dalam diri yang disuarakan kepada seluruh insan muda kreatif untuk terus berkarya. Kompetisi ini sangat mendukung generasi muda untuk lebih berani menampilkan karya-karya kreatif ke masyarakat”, urai Melissa Ardani selaku ketua Bharatika Creative Design Festival 2017. Ada beragam kegiatan diantaranya kompetisi untuk mahasiswa dan siswa SMA, Creative Market, pameran, workshop, talkshow, coaching class, meet the judges hingga Awarding Night.

Tercatat 200 peserta yang mengikuti kompetisi ini. Peserta-peserta tersebut datang dari berbagai daerah di indonesia seperti Jawa Barat, Jogjakarta, Malang serta beberapa peserta internasional yang berasal dari Jerman, US, Singapore, New Zealand dan Cina. Kompetisi ini terbagi dua jenis yaitu untuk kategori mahasiswa dan siswa SMA. Untuk golongan mahasiswa ada kompetisi corporate indentity, print ad, conceptual photography, packaging design, integrated campaign, interior display design, chair design, innovation challange visual merchandising dan lamp armature design. Sedangkan untuk kategori pelajar SMA, terdapat lomba fotografi dan illustration. Pameran ini nantinya menggelar karya finalis lomba, karya hasil kurasi yang di submit oleh mahsiswa di seluruh Indonesia dan karya-karya dari mahasiswa FSD berprestasi.

Meriah! Itulah acara Bharatika Cretive Design Festival 2017 ini. Akan ada Creative Market dimana mahasiswa maupun pihak umum dapat memamerkan sekaligus menjual hasil karya mereka.  Sedangkan Workshop watercolor dan Digital Imaging akan digelar selama dua hari yaitu tanggal 16-17 Maret 2017. “Karya-karya yang dilombakan dalam bentuk softcopy ini telah melalui tahap penjurian pada tanggal 3-4 Maret 2017 yang lalu dan pengumuman para pemenang akan diumumkan pada saat Awarding Night. Kegiatan ini perlu terus diadakan kembali sebagai wadah aktualisasi diri di bidang akademis terutama di bidang desain di mana mahasiswa dapat menunjukkan sekaligus mengembangkan potensi diri, serta menambah wawasan di bidang industri kreatif”, tutup Melissa. (RO)

 

Berikut deskripsi kegiatan yang dilaksanakan:

Kompetisi Corporate Identity Merupakan lomba mendesain perwujudan media visual dan fisik yang menampilkan identitas dari perusahaan yang sudah ada, berupa ID card, seragam, kop surat.
Kompetisi Print Ad Merupakan lomba mendesain sebuah iklan media cetak dalam bentuk poster berukuran A3. Iklan didesain untuk menyampaikan pesan yang jelas kepada masyarakat.
Conceptual Photography Merupakan lomba menyampaikan sebuah pesan atau ide dengan sebuah foto.
Packaging Design Merupakan lomba mendesain bentuk struktur, material, warna, tipografi, dan elemen desain sebuah kemasan produk agar dapat dipasarkan.
Integrated Campaign Sebuah lomba dimana peserta membuat suatu kampanye yang berisikan strategi untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang ada.
Interior Display Design Merupakan lomba mendesain suatu display cabinet pada sebuah ruangan, sehingga dapat menjawab kebutuhan aktivitas penggunanya serta produk yang dijajakan dapat menarik konsumen.
Visual Marchendising Merupakan lomba mendesain dan menata tampilan sebuah merchandise yang menarik, persuasif, dan informatif dalam sebuah tampilan etalase toko.
Lamp Armature Design Merupakan lomba mendesain armatur lampu yang efektif, inovatif, dan fungsional dengan tema tertentu sesuai dengan brief yang diberikan.
Chair Design Sebuah lomba mendesain sebuah kursi yang ergonomis dan fungsional sesuai dengan brief yang diberikan.
Innovation Challange Sebuah lomba dimana peserta harus mendesain suatu produk yang dapat memberi solusi terhadap permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari.
Fotografi Merupakan lomba foto dimana siswa SMA diminta untuk mengumpulkan karya fotografi dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.
Illustration Sebuah lomba menggambar dimana siswa SMA dapat membuat sebuah ilustrasi dengan teknik manual atau digital sesuai ketentuan dalam brief lomba. Ilustrasi di aplikasikan pada media bukan kertas namun pada media yang tidak konvensional yaitu produk dari pihak sponsor.
Meet The Judges Sebuah acara dimana juri dari tiap kategori mahasiswa berkumpul bersama para finalis lomba, untuk membahas mengenai penilaian lomba juga hasil karya peserta dan finalis lomba.
Awarding Night Malam penganugerahan bagi finalis lomba Bharatika Creative Design Festival yang akan diisi dengan berbagai penampilan menarik untuk mengapresiasi peserta lomba dan juri yang telah berpartisipasi.

 

Leave a Reply


*