PLN Dist Jatim Jamin Pasokan Listrik Selama Pelaksanaan UNBK 2017

Surabaya, KabarGRESS.com – PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur menjamin pasokan listrik selama pelaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017, baik tingkat SMA dan SMP. Demikian disampaikan Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Timur – Pinto Raharjo, Senin (13/3/2017).

Pinto mengakui, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Pemerintah Propinsi Jawa Timur yakni Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf, dan Dinas Pendidikan Jatim. PLN menjadi salah satu instrumen yang penting dalam mendukung proses ujian tersebut. “Supaya betul-betul konsisten dalam menjaga kehandalalan pasokan listrik,” tandas Pinto.

Untuk memantabkan hasil pertemuan beberapa waktu lalu, Pinto menjelaskan, pada Rabu (15/3/2017) akan ada apel bersama dengan Telkom, PLN dan dari Dinas Pendidikan. Apel digelar di Telkom Ketintang, Surabaya, dengan Inspektur Upacara Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf.

“Tentunya Telkom menjamin jaringan konektifitasnya, PLN menjamin pasokan daya listriknya, Diknas menjamin ada namanya proktor-proktor, artinya tenaga tenaga ahli yang ditempatkan pada tiap sekolahan itu,” ujarnya.

Jaminan yang diberikan PLN adalah dengan tidak melakukan pemeliharaan terencana selama pelaksanaan UNBK. Sehingga pihaknya menjamin tidak ada pemadaman secara direncanakan atau disengaja.

“Namun bila memang terjadi bencana alam, ya itu akan berusaha lebih baik untuk segera menormalkan kembali. Tapi kita harus menerima kan kalau memang alam terjadinya seperti itu,” imbuhnya.

Persiapan PLN untuk menjaga pasokan listrik selama pelaksanakan ujian berbasis komputer tersebut, adalah dengan menempatkan 4 regu yang terus bersiaga selama 24 jam yang ada di 113 rayon. Sehingga, jika ada pemadaman karena alam, dapat segera terselesaikan.

Sementara itu, berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jadwal UNBK tingkat SMK dimulai pada 3 – 6 April 2017, tingkat SMA dimulai pada 10 – 13 April 2017, sedangkan tingkat SMP/MTs 2 – 4 dan 8 Mei 2017. (ro)

Leave a Reply


*