30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Dana Pilgub Jatim Rp. 1,1 trilliun

Surabaya, KabarGress.comDari total anggaran yang dibutuhkan pada Pilgub Jatim 2018 Rp. 1,6 trilliun, pemerintah jawa timur hanya mengabulkan sebesar Rp. 1,1 trilliun. Hal itu dikarenakan keterbatasan APBD Jatim.

Kepala Biro Adminitrasi Pemerintahan Umum, Anom Surahno mengatakan Untuk menambal kekurangan ini, pemprov telah minta 18 kabupaten/kota yang juga akan menggelar pilkada serentak untuk ikut menanggung sebagian kebutuhan.

“Kita akan meminta pemerintah di 18 yang ikut Pilkada serentak untuk  melakukan pengadaan sendiri beberapa alat pemilihan,”katanya.

Anom menambahkan, jadi untuk beberapa alat seperti kotak suara, honor KPPS, PPK dan keperluan TPS di 18 daerah ini akan ditanggung pemerintah kabupaten/kota setempat karena pilkadanya serentak bersamaan. ( Las )

“Dari anggaran Rp1,1 triliun yang akan disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, saat ini setidaknya sudah tersimpan anggaran Rp600 miliar. Sedangkan Rp500 miliar akan dianggarkan dari APBD Perubahan 2017 dan APBD murni tahun 2018,”ujarnya. (las)