30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

”Generasi Suara” Membangunkan Indonesia

Sebuah project Iagu yang menampilkan 21 musisi ternama Indonesia, seperti Afgan, Raisa, Isyana hingga Armand Maulana, untuk menyuarakan dukungan terhadap musik Indonesia

Surabaya, KabarGRESS.com – Di tengah maraknya lagu-Iagu hits Barat yang masuk ke industri musik di Indonesia, tidak membuat musik Indonesia ditinggalkan oleh para pecinta musik. Berdasarkan data yang diriiis oleh Nielsen melalui Study Nielsen Radio Measurements di Jakarta, sepanjang tahun 2016 pendengar radio di Jakarta masih didominasi oleh pendengar yang ingin mendengarkan musik Indonesia melalui radio dengan rata-rata jumlah pendengar sebesar 25,7% dari rata-rata total pendengar radio di Jakarta. Radio memang menjadi media yang memegang peranan penting dalam memperkenalkan, mengekspos dan memopulerkan karya-karya musik Indonesia kepada publik tanah air.

Sejak pertama kali mengudara, Gen fm terus memegang komitmennya untuk selalu mendukung kemajuan industri musik Indonesia dengan memutar lagu-lagu lokal serta menghadirkan profil para musisi dalam negeri. Memasuki tahun 2017, Gen fm melakukan rebranding dengan mengusung logo dan tagline barunya, yaitu ”Generasi Suara Musik Indonesia”.

Hal ini tidak lain adalah untuk semakin menegaskan spirit dan positioning Gen fm sebagai pendukung sejati musik Indonesia. Gen fm akan semakin banyak dan intens memainkan lagu-lagu Indonesia untuk warga Jabodetabek dan Surabaya di tiap jamnya. Tidak hanya memutar musik karya musisi tanah air, Gen fm juga akan menitikberatkan konten siarannya pada muatan lokal, mulai dari film, fashion, kuliner, sampai prestasi anak negeri. Dengan kata lain, Gen fm akan semakin meng-Indonesia.

Seiring dengan semangat baru sebagai ”Generasi Suara Musik Indonesia”, Gen fm dengan bangga meluncurkan sebuah lagu berjudul ”Generasi Suara” sebagai bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk menyuarakan dukungan terhadap musik Indonesia. “Musik adalah bahasa universal yang mudah diterima oleh semua kalangan dan bisa dijadikan sebuah medium untuk menyampaikan pesan positif serta memicu pergerakan. Melalui lagu “Generasi Suara”, Gen fm ingin menyentakkan kembali kesadaran masyarakat bahwa Indonesia punya karya-karya musik dan musisi-musisi dengan kualitas yang hebat dan membanggakan,” ungkap Adrian Syarkawie, Presiden Direktur Mahaka Radio Integra (MARI) yang sekaligus merangkap sebagai Presiden Direktur Gen fm.

Dalam proses penggarapan lagu ”Generasi Suara”, Gen fm mendapat dukungan penuh dari para musisi tanah air. Tiga komposer muda berprestasi yang telah menghasilkan lagu-lagu hits bagi para musisi Indonesia, yaitu Nino RAN, llman, dan Lale dari Maliq & D’Essentials menciptakan dan mengaransemen lagu, serta membuat lirik untuk ”Generasi Suara” berdasarkan pengalaman bermusik dan kecintaan mereka akan musik Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, kali ini ada 21 musisi kenamaan Indonesia yang ikut menyumbangkan suara dan musikalitas mereka untuk lagu ini, yaitu Raisa, lsyana Sarasvati, GAC, Afgan, Armand Maulana, Anji, Rian d’Masiv, Maudy Ayunda, Yura Yunita, Rizky Febian, Cakra Khan, Rayi & Nino RAN, Radhini, Sheryl Sheinafia, Barasuara, JAZ, Mikha Tambayong dan Young Lex.

Harapan yang ingin dicapai dengan adanya lagu ”Generasi Suara” ini adalah agar para pecinta musik di Indonesia tidak ragu untuk menyuarakan kecintaannya pada karya-karya musik tanah air, dan juga mendorong semangat musisi-musisi Iokal untuk terus berkarya. Tidak hanya itu saja, kehadiran lagu “Generasi Suara” juga memiliki relevansi dengan momen Pilkada yang diadakan secara serentak di berbagai daerah di Indonesia pada Pebruari lalu. Lagu ini diharapkan dapat mengajak para pendengar untuk ikut memberikan suara demi kemajuan daerah tempat tinggalnya dan juga menyuarakan semangat perdamaian dan persatuan.

“Generasi Suara” akan diputar secara eksklusif di GEN 103,1 fm Surabaya dan GEN 98,7 fm Jakarta, yang nantinya juga akan diputar di radio-radio nasional. (ro)

Teks foto: Adrian Syarkawie, Presiden Direktur Mahaka Radio Integra (MARI) yang sekaligus merangkap sebagai Presiden Direktur Gen fm, bersama Armand Maulana, saat konferensi pers di Surabaya, Kamis (10/3/2017).