Permudah Pelayanan Berbasis Online, Universitas Dr. Soetomo Buka Progam PKTS

Surabaya, KabarGress.Com – Perkembangan teknologi informasi semakin maju dan nyata, secar tidak langsung setiap elemen masyarakat wajib mengikuti perkembangannya, termasuk juga dalam hal pengelolaan sebuah institusi pendidikan, bisnis, perusahaan dan pelacakan data.
Pusat Karir dan Tracer Study (PKTS) Universitas Dr. Soetomo Surabaya merupakan dibentuk pada akhir tahun 2015 dengan Surat Keputusan Rektor nomor OU.539/C.1.05/XII/2015 tertaggal 21 Desember 2015 guna menyikapi rendahnya nilai capaian point pelacakan alumni di dalam borang AIPT.
Sehingga, beberapa layanan yang diberikan oleh PKTS UNITOMO Surabaya nantinya akan diarahkan berbasis online system melalui website http://pkts.unitomo.ac.id/ dengan beberapa layanan yang sudah ada berupa, Pemasangan info Lowongan Kerja Perusahaan, Konseling Karir, Softkills Training, Pelacakan Alumni (Tracer Study), termasuk juga komunikasi online melalui media sosial seperti: facebook, instagram, twitter, blackberry messenger, dan whatsapp.
Perkembangan pesat selama tahun 2017 dari PKTS UNITOMO Surabaya beberapa diantaranya adalah: Perkembangan Pusat Karir (Januari – Februari 2017): Penandatangan MoU antara UNITOMO Surabaya dengan lebih dari 20 perwakilan perusahaan, Pendampingan magang bagi mahasiswa ke beberapa institusi atau perusahaan seperti: Polda Jatim dan Hotel Santika Premiere Surabaya serta masih akan berlanjut pada program magang ke beberapa perusahaan yang sudah melakukan penandatangan kerjasama.
Manfaat keberadaan PKTS salah satunya adalah membantu pengembangan softkills dan kepercayaan diri mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja.
“PKTS sebagai pelaksana tracer study akan membantu menyediakan data terkait alumni yang dibutuhkan untuk mengisi barang akreditasi dan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi hasil pembelajaran institusi”, sambung Drs. Mulyanto, M.Hum, selaku Wakil Rektor III Universitas Dr. Soetomo Surabaya.
“Saya selaku perwakilan perusahaan sangat berbangga hati dapat menjadi mitra partner PKTS UNITOMO Surabaya dalam hal pengguna database alumni dan jobseeker untuk mempersiapkan alumni sesuai kebutuhan dunia industri maupun perusahaan”, urai Agus Marsudi, Amd. Selaku Executive Asistant Manager Hotel Gunawangsa Manyar Surabaya.
PKTS UNITOMO Surabaya memiliki beberapa rencana program, diantaranya adalah: 1) Assessment yang ditujukan untuk mengetahui bakat, minat serta potensi karir yang dimiliki oleh setiap mahasiswa (mahasiswa baru, mahasiswa aktif ataupun alumni); 2) Membership PKTS berbasis Online System, disediakan bagi mahasiswa UNITOMO, jobseeker (alumni dan masyarakat), serta perusahaan yang berbasis online system.
Workshop dan seminar Career Center Online System (CCOS) diselenggarakan sebagai wujud kerjasama antara PKTS UNITOMO dengan ECC UGM dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa dan alumni terkait dunia kerja dengan narasumber adalah Nurhadi, ST. Selaku Direktur Engineering Career Center Universitas Gajah Mada Yogyakarta, dihadiri oleh perwakilan dekan dari seluruh fakultas, kepala program studi, ketua Badan Eksekutif Mahasiswa, dan Ketua Lembaga Non Struktural di lingkungan Universitas Dr. Soetomo Surabaya.
Hal ini bertujuan menjadikan Lembaga Pusat Karir dan Tracer Study sebagai wadah penting bagi mahasiswa, alumni, sivitas akademika, dan perusahaan untuk bersinergi.
“Dengan adanya workshop dan seminar Career Center Online System, PKTS UNITOMO Surabaya sebagai salah satu member Indonesia Career Center Network (ICCN), terus melakukan inovasi yang terintegrasi secara online system dengan beberapa pengelola career center dan perusahaan seluruh Indonesia pengguna database alumni sehingga dari jejaring ini dapat memberikan manfaat global bagi alumni dan institusi perguruan tinggi dalam mencetak sumber daya manusia yang handal,” papar Siska Armawati Sufa, S.Sos., M.I.Kom. selaku Ketua PKTS UNITOMO Surabaya. (tur)

Leave a Reply


*