Perkuat Pertanian Wujudkan Kesejahteraan Warga Jati Alun -Alun

Sidoarjo,KabarGress.com  –  Desa Jati Alun – Alun Kecamatan Prambon terus membangun. Program ini digulirkan sebagai upaya agar Desa Jati Alun – Alun  beberapa langkah maju kedepan seperti desa –desa  lain. Penegasan ini disampaikan Kepala Desa Jati Alun –Alun, Ansyori, disela mengikuti senam sehat bertempat di halaman Balai Desa, dihelat oleh Srikandi Hanura Sidoarjo, Minggu (5/3/2017).

Pria sederhana ini menuturkan, bahwa Desa Jati Alun –Alun mayoritas warganya adalah petani. Untuk menyejahterakan warganya yang umumnya berprofesi sebagai petani, Ansyori melaksanakan pembangunan infrastruktur pertanian.

“  Saya bangun jalan usaha tani. Harapan saya di dukung infrastruktur jalan usaha tani yang baik , warga saya yang umumnya petani saat menjalankan aktifitasnya menjadi mudah dan lancar,”katanya.

Selain membangun jalan usaha tani, untuk meningkatkan hasil panen warga Ansyori juga membangun saluran irigasi. Namun, karena desa Jati Alun –Alun termasuk daerah tadah hujan, keberadaan irigasi juga belum dapat berfungsi secara optimal. “ Tetapi untuk memperoleh air yang cukup petani kita masih kesulitan . Jalan keluarnya saya ajukan ke dinas teknis pembangunan rumah pompa, semacam afour akhirnya juga  dikabulkan,”imbuhnya.

Bukan hanya itu. Untuk memaksimalkan sector pertanian di desanya , Ansyori juga mengajukan mesin perontok padi ke dinas pertanian . Oleh Dinas Pertanian juga diluluskan. Mesin perontok padi saat ini  telah dipakai oleh para petani pada saat musim panen tiba. “ Yang saya lakukan sekarang  mengajukan permohonan headtracktor ke dinas pertanian. “ Semuga headtracktor yang saya ajukan dapat disetujui. Intinya, sebagai upaya meningkatkan hasil pertanian di desa dan untuk meningkatkan kesejahteraan petani saya akan berupaya sekuat tenaga,” ujar Ansyori.

Masih terkait program pembangunan desa, melalui Anggaran Dana Desa ( ADD) dari Pemkab Sidoarjo, dan Dana Desa (DD) dari APBN yang diterimanya,  bakal dikembalikan kedesa dalam bentuk pembangunan infrastruktur desa. Itu dilakukan agar supaya desa Jati Alun –Alun sejajar dengan desa lain. Sebab, ungkap Ansyori maju tidaknya desa sangat dipengaruhi seberapa baik infrastruktur desa itu. “ Kalau infrastruktur jalannya baik, roda perekonomian desa akan berjalan. Karena kegiatan masyarakat berjalan dinamis lantaran didukung infrastruktur yang baik,”tambahnya.

Untuk pelayanan ?. “ Pelayanan kepada masyarakat on time. Kapan pun warga butuh , saya siap melayani. 24 jam penuh, dan pintu rumah saya selalu terbuka. Kapan pun jam berapa pun warga membutuhkan pelayanan, saya selalu siap melayaninya, “ tandas dia. (hery)

Leave a Reply


*