30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

3 Bank Sampah Binaan PT. PLN Terima Penghargaan Bank Sampah Terbaik tahun 2017

Surabaya, KabarGRESS.com – Tergerak rasa peduli dan tanggung jawab sosial akan kelestarian lingkungan hidup khususnya di bidang pengelolaan sampah plastik, PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur sejak Tahun 2010 telah konsisten melakukan pembinaan pada sejumlah Bank Sampah baik yang berada dikota Surabaya dan Malang.

Upaya PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur melalui program Bina Lingkungan Bank Sampah tersebut berbuah hasil yang sepadan. Dalam Hari Peringatan Sampah Nasional (HSPN) yang berlangsung di Taman Surabaya, sebanyak 3 Bank Sampah Binaan PT PLN Persero mendapatkan penghargaan Bank Sampah terbaik dari 6 Bank Sampah terpilih se Indonesia. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Bapak Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Ibu Walikota Surabaya Tri Risma Harini.

Dalam sambutannya Menteri LHK mengatakan “Tema HPSN kali ini adalah mewujudkan Indonesia bebas sampah pada 2020 dengan focus menjaga keindahan alam, gunung, sungai, laut. “Bersihkan laut dari sampah dan kelola sampah dengan baik,”.

Selanjutnya Kementrian LHK memberikan penghargaan kinerja produsen dalam pengurangan sampah (industry manufaktur dan ritel), juga pemberian penghargaan kepada bank sampah terbaik dan penyerahan KUR kepada KUKM Bank Sampah.

Dari total 48 ribuan bank sampah di Indonesia, ada enam bank sampah yang mendapatkan penghargaan bank sampah terbaik. Yakni Bank Sampah Bina Mandiri Surabaya, Bank Sampah Malang, Bank Sampah Talo Makassar, Bank Sampah  Gemah Ripah Bantul, Bank Sampah Induk Banjarmasin, dan Bank Sampah RW03 Mekarsari Jakarta Timur.

Bank Sampah Malang, Bank Sampah Bina Mandiri, Bank Sampah Gemah Ripah yang ketiganya merupakan Bank Sampah binaan PLN menerima penghargaan berupa Modal Kerja Bank Sampah. Disusul l6 penghargaan Bantuan Modal usaha yang salah satunya berasal dari KUKM di wilayah Bank Sampah Bintang Mangrove yang juga merupakan Bank Sampah Binaan PLN JawaTimur.

Ada dua agenda pada peringatan HSN 2017.Agenda pertama dipusatkan di Pantai Kenjeran yang diawali kerja bakti bersama dari berbagai unsure seperti pemerintah, warga setempat, komunitas, TNI, Polri, pramuka, anak-anak sekolah, dan nelayan.

Sedangkan, agenda kedua dipusatkan di kawasan Jambangan, Surabaya. Presiden bersama rombongan akan menuju lokasi PDU di Jambangan untuk meresmikan dan meninjau operasional proses daur ulang. (ro)