30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

HANURA BANGKIT, HARUS DI MAKNAI KEBERPIHAKAN PADA RAKYAT

Surabaya, KabarGress.com – Slogan Hanura Bangkit, Hanura Menang’ terus digelorakan para kader. Bagaimana gaungnya di daerah Jawa Timur ?. Duet Kepemimpinan Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Hanura Jawa Timur Ketua DPD  Kelana Aprilianto, SE,  – Sekretaris DPD Warsito, SE, menjawab dengan kinerja ,yakni mengkonsolidasikan ke Dewan Pimpinan Cabang ( DPC) 38 Kabupaten / Kota, se- Jawa Timur.

Konkretnya, kata Warsito DPD bersama seluruh jajaran DPC memperkuat sistem kelembagaan Partai, di barengi  melembagakan sikap peduli seluruh kader, pengurus di semua tingkatan. “ Semua kader wajib hukumnya berperan aktif ditengah- tengah masyarakat, utamanya harus peka terhadap permasalahan yang terjadi dan sedang dihadapi masyarakat ,” pesan Warsito, Selasa (28/2/2017).

Pengurus sebagai kader utama Partai harus meningkatkan kepeduliannya kepada masyarakat serta rajin hadir ditengah masyarakat.” Apakah itu dalam bentuk advokasi , pendampingan dalam hal pelanggaran atas hak – hak  masyarakat yang tidak pernah didapatkan dari pemerintah maupun memberikan pelatihan – pelatihan  terkait usaha mikro kecil menengah (UMKM),” katanya, mengingatkan.

Selain itu sebagai tanda Kebangkitan Hanura, para pengurus di semua tingkatan harus mampu menyatu dengan rakyat. Untuk merekatkan temali dengan rakyat, para pengurus bersama kader di harapkan sering –sering lakukan kegiatan yang berguna bagi masyarakat.

“ Misalnya, gelar  bakti sosial, membersihkan lingkungan kampung, bersih bersih makam, serta mendirikan posko banjir, saat di ketahui  wilayahnya terdapat warga yang sedang kebanjiran,” tandas Warsito, seraya menambahkan yang dimaksud  HANURA BANGKIT dengan menitikberatkan “kepedulian” terhadap permasalahan masyarakat baik sosial maupun ekonomi serta apapun yang mungkin dilakukan sebagai “kader HANURA” tentunya  tujuan utamanya  MEMENANGKAN hati rakyat.

Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Bangkalan H. Mahmudi, SE,  saat di mintai komentarnya terhadap statemen Sekretaris DPD Warsito , mengaku sepaham. Katanya, sebagai kader dan pengurus Partai , Mahmudi telah menggerakan semua kadernya baik yang di internal struktur Partai maupun kader yang duduk sebagai anggota legislative harus tanggap terhadap persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

“ Saya selalu tanamkan kepada pengurus partai baik di struktur Partai atau yang mengemban tugas di  DPRD, tidak boleh inklusif. Demi membesarkan Partai, agar mendapat tempat di hati rakyat dan di cintai rakyat, harus selalu membaur di tengah rakyat serta care terhadap dinamika yang ada di masyarakat. Itu yang kami lakukan di Bangkalan,”ujarnya.

Pernyataan senada di ungkapkan Tikno ,Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Magetan. Menurutnya, statemen serta arahan Warsito , sangat tepat dan positif,”  Karena perjuangn kita sejatinya memang untuk mendengarkan apa yang menjadi jeritan atau isi hati nurani rakyat. Kita selaku orang Partai harus tanggap terhadap persoalan rakyat. Kita tidak boleh pasif, apalagi permisif  terhadap jeritan rakyat,”aku Tikno.

Namun untuk saat ini Tikno masih berkonsentrasi menyusun  struktur kepengurusan PH DPC. Sebab waktunya sudah mepet, sehingga dirinya focus penyusunan struktur kelembagaan. Agar memperoleh komposisi dan pengurus yang qualifaid ,kapabel, loyal, serta berkomitmen membangun membesarkan Partai, proses penjaringan dilakukan dengan mengedepankan azas ketelitian.

Dan untuk menjaring pengurus 18 Pengurus PAC yang qualifaid , Tikno mengaku harus roadsow ke setiap Kecamatan dengan cara dor to dor, bertandang ke rumah calon pengurus PAC.  “ Rekruitmen calon pengurus PAC tadi saya awali dari Plaosan.  Secara keseluruhan baru mencapai 30 % , namun akan segera kami geber mengingat waktunya  sudah mepet , mohon doa restunya,” imbuh Tikno.

Sementara itu Haji Dondik Agung Subroto Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Sidoarjo, yang lekat di sapa Abadon’t, mengaku dan memberikan apreasiasinya terhadap atensi Warsito Sekretaris DPD Partai Hanura Jawa Timur. “ Saya mengapresait seruan Pak sek,” jawab Abadon’t.  Langkah cukup konkret telah dilakukan DPC terkait seruan Sekretaris DPD tersebut DPC Kabupaten Sidoarjo, telah berhasil menuntaskan struktur kepengurusan pada 18 PAC  melalui Musancab, dan berhasil membentuk struktur kepengurusan pada 349 Ranting, dan Anak Ranting .

Secara administrative penyusunan struktur kelembagaan sampai tingkat PAC dan Ranting telah terverifikasi melalui hasil verifikasi tim verifikator DPD di kantor DPC Jalan Watutulis, Sidoarjo beberapa waktu lalu. “ Hasil verifikasi valid, struktur kepengurusan kelembagaan Partai telah berhasil kami tuntaskan,” ungkapnya.

  • Sedangkan terkait membudayakan kepekaan terhadap masyarakat, DPC Partai Hanura lewat program HANURA PEDULI, HANURA SOLUSI, HANURA BERKARYA, dan HANURA BERDAYA, telah berbuat langsung untuk internal memperkuat ke ekonomian para anggota pengurus Partai, eksternal melakukan bakti sosial membantu masyarakat terkena dampak banjir di Lima Desa , (1) Desa Tambak Kalisogo, (2) Semambung, (3) Kedung Pandan, (4) Desa Kedungrejo, (5) Desa Balungtani .
  • Partai Hanura Sidoarjo juga hadir   dalam peristiwa angin putting beliung yang menerjang 449 rumah warga, di desa Terung Kulon dan desa Keboharan kecamatan Krian, beberapa waktu lalu. Secara kelembagaan Partai Hanura kabupaten Sidoarjo paling siap berkiprah dimasyarakat, untuk mengptimalkan peran pengabdiannya ke masyarakat, di dukung militansi Srikandi Hanura Sidoarjo.

Srikandi Hanura Sidoarjo, meski secara  de jure masih akan di lantik pada 11 Maret depan, namun setelah di bentuk struktur kepengurusannya Ketua Srikandi Hj. Sri Wulandari Agung Subroto, bersama sekitar seratusan anggota / pengurusnya langsung hadir di tengah masyarakat terdampak banjir, dan korban angin putting beliung di wilayah kecamatan Krian.

Penuntasan penataan struktur kelembagaan partai tersebut , dilakukan menurut Abadon’t, untuk mempersiapkan verifikasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) , serta berperan aktif mensukseskan Pilgub Jatim tahun 2018 tahun depan. DPC Hanura Sidoarjo selaku kepanjangan tangan DPD, telah berkerja secara optimal menjalan amanah serta perintah DPD.

Dan hasil kerja DPC Hanura Sidoarjo, telah terverifikasi data serta kinerjanya. Untuk lebih memantapkan kinerja seluruh DPC, hemat Abadon’t, DPD sebagai kiblat DPC  hendaknya juga memberikan contoh paling konkret.

” Contoh itu sangat penting agar mampu menginsipirasi seluruh DPC berkinerja baik dan maksimal. Dan, pra caleg hendaknya mulai di kondisikan. Kita harus mampu membuat rulle model, serta tidak tersandera oleh politik transaksional pada pileg 2019 mendatang. Jawabannya ada pada kinerja kelembagaan partai. Hanura Sidoarjo lewat program pro rakyat telah membangun relasi serta hubungan emosional tidak terjebak pada hubungan transaksional,” tandas Abadon’t.

Kerja panjang jajaran Partai Hanura Sidoarjo menata kelembagaan Partai di apresiasi DPD . Karena hasil scoring DPD, terhadap DPC Partai Hanura Sidoarjo berkinerja baik, Partai Hanura bakal di jadikan contoh penataan kelembagaan Partai paling baik dan berhasil pada pengukuhan 349 Pengurus Ranting, yang menurut rencana akan di hadiri Ketum DPP Hanura DR. Oesman Sapta Odang. (hery).

Teks Foto : Sekretaris DPD Warsito, SE

Teks Foto : Ketua DPC Partai Hanura Bangkalan H.Mahmudi, SE

Teks Foto : Ketua DPC Partai Hanura Magetan Tikno

Teks Foto : Ketua DPC Partai Hanura Sidoarjo Haji Dondik Agung Subroto ( Abadon’t)