30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

PLN Gandeng Pemuda Muhammadiyah Ciptakan Pemuda Sadar Energi Untuk Kemandirian Energi Bangsa

Malang, KabarGRESS.com – “Peluang Kerjasama Antara PLN dan Pemuda Muhammadiyah”, materi ini disampaikan oleh Dwi Kusnanto, General Manager PLN Distribusi Jawa Timur mewakili Direktur Perencanaan Korporat, Nicke Widyawati pada hari ketiga acara Workshop Capacity Building Energi Baru Terbarukan (EBT) dan Rakor Bidang ESDM Pemuda Muhammadiyah Tahun 2017.

Workshop yang bertemakan “Menciptakan Pemuda Sadar Energi Untuk Kemandirian Energi Bangsa” ini dilaksanakan di Hall Ahmad Dahlan UMM Inn digalang oleh Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah dimana sebagai peserta adalah mahasiswa maupun purna mahasiswa Muhammadiyah. Worskhop dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 21-23 Februari 2017 pada hari pertama dibuka oleh Menteri ESDM RI, Ignasius Jonan.

Pada kesempatan tersebut Dwi Kusnanto memberikan pemahaman bahwa seluruh komponen anak bangsa memiliki tanggung jawab dalam upaya menjaga kesinambungan ketersedian energi di Indonesia yang mana sumber-sumber energi semakin lama semakin terbatas sehingga dibutuhkan kesadaran dari masyarakat akan pentingnya penghematan energi. Membangun kesadaran masyarakat itu sendiri dibutuhkan peran pemuda untuk itu PLN mengajak Pemuda Muhammadiyah membangun kesadaran energi kepada masyarakat.

Dwi juga menambahkan bahwa dalam mendukung program 35000 MW yang merupakan bagian dari rencana pembangunan infrastruktur jangka panjang 2015-2024, pemuda Muhammadiyah dapat memberikan kontribusi antara lain Mendukung kegiatan pembangunan sarana kelistrikan khususnya pembebasan lahan, Memfasilitasi Awareness kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga instalasi kelistrikan, Membantu pelaksanaan survei kepuasan pelanggan, Kegiatan penelitian sosial kemasyarakatan dan pengembangan masyarakat di sekitar fasilitas ketenagalistrikan, Program CSR khususnya bidang pendidikan disekitar instalasi kelistrikan. Dan sekaligus berperan serta dalam investasi pembangunan pembangkit tenaga listrik baru dan terbarukan, (misal PLT Sampah, PLT Biomass, PLT mikro hydro, dan PLT Surya) untuk tujuan sosial.

Di akhir acara, Ketua Panitia Pelaksana Muhammad Sukron, ST, yang juga merangkap sebagai moderator menambahkan bahwa penyelenggaraan workshop ini sebagai sarana yang nyata untuk mewujudkan niat para pemuda dalam berdakwah khususnya dalam hal Energi Baru Terbarukan (EBT), kita bisa lebih mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkan peluang kerjasama dengan PLN. Sebagai penutup dilakukan penyerahan cinderamata dan berfoto bersama. (ro)