Inilah Beragam Kegiatan PESAN 2017 Surabaya

Surabaya, KabarGRESS.Com – Pekan Sampah Nasional (PESAN) 2017 Surabaya menggelar berbagai kegiatan di peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017. Acara ini digelar mulai 19-26 Februari 2017, Bertempat di CFD Darmo, Museum BI, dan beberapa sekolah terpilih.

Acara ini diawali pada 19 Pebruari 2017, mulai pukul 06.00-09.00 WIB, berlokasi di depan Hotel Mercure. Rangkaian acaranya antara lain adalah : Sosialisasi agenda sepekan ke depan, Edukasi diet kantong kresek, Bagi-bagi ecobag untuk pengunjung CFD, Lomba Selfi/wefi komunitas, Art perform, serta Aksi pilah dan pungut sampah yang menutup acara CFD Darmo.

Pada aksi pilah dan pungut sampah, para relawan mengajak pengunjung untuk menyisir area CFD Darmo, dari titik tengah di Mercure ke kedua titik akhir CFD Darmo.

“Sengaja, rangkaian acara sepekan ini dibuka di Darmo, sebagai pusat kota Surabaya. Kami mengundang banyak orang lewat sosial media utk datang dan bergabung, terutama komunitas- komunitas lain yg tidak ada hubungannya dengan lingkungan hidup ataupun persampahan, karena kami memang ingin mengedukasi perihal sampah yg perlu dieksekusi solusinya bersama,” papar Wulansary, ketua Panitia PESAN 2017 Surabaya.

Solusi soal sampah, lanjut Mumun-sapaan akrabnya, sudah ada. Hanya saja, belum secara serentak diketahui dan diaplikasikan oleh masyarakat.

“Makanya perlu merangkul banyak pihak. Semua pihak. Bukan saja menjadi tanggungjawab pemerintah, tapi sampah ini adalah tanggung jawab semua orang,” imbuh aktifis Lingkungan dari Sahabat Bumi ini.

Pasca kegiatan PESAN ini Mumun berharap di Surabaya akan muncul orang-orang yang siap menjadi solusi persampahan. Menuju Indonesia bebas sampah 2020. (ro)

Leave a Reply


*