UP Paiton Ajak Masyarakat Kelola Listrik Secara Mandiri Melalui PLTMH

Tiris, Probolinggo, KabarGRESS.com – Pemerintah terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi di masyarakat. Permasalahan yang dihadapi selama ini adalah belum terjangkaunya daerah-daerah terpencil yang memiliki akses jalan dan infrastruktur kurang memadai. Menangani fenomena tersebut, PT PJB UP Paiton menggagas program Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) sebagai salah satu solusi. Kamis (9/2), UP Paiton meresmikan program PLTMH di Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Program ini merupakan pengembangan PLTMH yang telah ada sebelumnya dengan peningkatan kapasistas dari 15 KW menjadi 40 KW. Dengan peningkatan tersebut, PLTMH mampu mejangkau menjangkau 3 Desa di 2 Kecamatan yakni Desa Andung Biru dan Desa Tiris di Kecamatan Tiris serta Desa Sumber Duren di Kecamatan Krucil. Dengan penerima manfaat sebanyak 550 KK, 12 Fasilitas Umum, dan 5 Kantor Pemerintahan. Setiap rumah terpasang menggunakan daya 450 KV.

Komitmen UP Paiton mendukung peningkatan elektrifikasi disampaikan langsung oleh General Manager, Abu Hasan. “Andung Biru akan menjadi percontohan bagaimana masyarakat bisa mengelola listrik secara mandiri. Kami akan terus mencari lokasi-lokasi lain agar program pemerintah meningkatkan elektrifikasi ini berjalan lancar.”

Abu juga berpesan agar listrik dapat dijadikan alat untuk memberdayakan masyarakat. “Karena sekarang listriknya sudah ada, masyarkatnya harus terus berdaya,’ sambungnya. Ucapan terimakasih disampaikan oleh Roby, Camat Tiris yang juga hadir dalam acara peresmian. Sarjana Teknik Sipil ini mengatakan masyarakat sangat terbantu dengan adanya PLTMH karena sebelumnya daerah Andung Biru memang belum terjangkau listrik. “Mudah-mudahan wilayah lain juga bisa merasakan hal yang sama,” tutupnya.

Melalui program ini, UP Paiton berusaha mengajak masyarakat untuk mandiri dalam pengelolaan listrik. Karena PLTMH Andung Biru dibangun dan dikelola secara mandiri oleh masyarakat. (ro)

Leave a Reply


*