30/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Gede Pasek Suardika: Kalau Pingin Menang Pileg Optimalkan Ranting

Batu, KabarGress.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) gelar rapat pimpinan daerah (Rapimda) I di Hall Hotel Klub Bunga, Kota Batu, Jawa Timur pada Rabu, 8 Februari 2017.  Rapimda dihadiri sejumlah pengurus DPC Hanura se-Jatim serta Wakil Ketua Umum DPP Hanura, Gede Pasek Suardika dan beberapa pengurus DPP.  Banyak keinginan dan harapan yang hendak dicapai oleh pengurus daerah Hanura Jatim.

Untuk  meraih ekspektasi tentu diperlukan strategis khusus yang disiapkan secara matang. Strategi itu disampaikan secara singkat oleh Ketua DPD Hanura Jatim, H Kelana Aprilianto , SE , dalam sambutannya di saat pembukaan Rapimda I.

“Kemenangan seorang caleg sangat ditentukan oleh strategi pemenangan yang disiapkan. Strategi jangan disusun dengan logika sederhana tanpa didukung data dan dana yang riil,” kata Kelana.

Kelana mencontohkan, strategi yang sering dilakukan caleg ialah mengeluarkan dana besar, tapi yang terjadi mendapat suara kecil. Selain itu, pemasangan baliho dan pembagian kartu nama juga sering dilakukan caleg. Namun, dari itu semua yang terpenting ialah memahami karakter calon pemilih.

“Ada pula pembagian sembako tanpa menimbang target dan kebutuhan masyarakat. Dan banyak pula caleg yang masih mengandalkan nama keluarga atau pejabat tanpa memperhatikan tingkat kesukaan dan penerimaan masyarakat,” lanjut Kelana.

Dia juga menyoroti banyaknya caleg yang menggunakan lembaga survei untuk memuluskan duduk di lembaga legislatif tapi tidak ada jaminan dari lembaga survei tersebut.

Oleh karena itu, Kelana berharap pada Rapimda I ini bisa menjadi evaluasi juga jadi ajang membangkitkan semangat juang DPD dan anggota DPRD dari Hanura sehingga Hanura makin dicintai masyarakat.

“Target kami Hanura bisa menjadi partai terbesar. Tapi untuk mencapai itu tak semudah membalikkan tangan. Harus membuat program yang matang sampai tingkat ranting,” tegasnya.

Kepada paserta Rapimda serta tamu undangan yang hadir, Kelana kembali menegaskan bahwa pihaknya menargetkan seluruh DPC Hanura se Jatim lolos verifikasi. Karena pada pemilihan 2014 lalu, masih ada 8 DPC yang tidak dapat kursi.

Sementara DPC beberapa daerah lainnya mendapatkan kursi. Sebut saja Tulungagung yang dapat 6 kursi, selanjutnya 4 kursi diraih Banyuwangi, Bangkalan, dan Sampang. Lalu 3 kursi didapat Kota Surabaya, kota Malang, Jember, Nganjuk, Trenggalek, Pacitan.

“Lainnya dapat 2 dan 1 kursi. Makanya, Pemilu 2019, DPD Hanura menargetkan 10 kursi untuk DPR, 20 kursi DPRD Jatim, dan 200 kursi DPRD Kabupaten/Kota,” terangnya disambut tepuk tangan para peserta.

Waketum Gede Pasek Suardika, SH, MH yang kapasitasnya mewakili Ketum DR. ( HC) Oesman Sapta Odang ( OSO)  mengapresiasi Rapimda Partai Hanura Jatim. Dalam kesempatan itu Gede Pasek,  meminta DPD Partai Hanura bersama jajaran di bawahnya melakukan penguatan kelembagaan sampai di tingkat Ranting.

” Kalau Hanura Jatim pingin memenangi Pileg, penguatan struktur kelembagaan harus sampai tingkat Ranting dan Anak Ranting,” pesannya.

Pasti jikalau kepengurusan struktur sampai di level ranting dan anak ranting, jumlah kursi pileg 2019 bakal meningkat secara signifikan. ” 10 kursi DPR- RI, 20 kursi DPRD Provinsi dan 200 kursi DPRD kabupaten, kota target yang di pasang bisa terpenuhi” tendas senator dari daerah Bali ini optimis.

Kata kuncinya, tegas Gede Pasek ada pada kedisiplinan  menjaga soliditas semua kader pengurus Partai.  ” Jika ada gesekan di internal , selesaikan secara baik , jangan sampai keluar,” tegas Pasek seraya menambahkan Partai Hanura patut bersyukur karena ada banyak kader Partai Demokrat hijrah ke Partai Hanura,” Saya mulai arahkan teman satu perjuangan di Jatim supaya bergabung ke Partai Hanura,” pungkasnya. (hery)