31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Total Mengabdi Membangun Partai HANURA

Surabaya, KabarGress.com – Supel, pandai bergaul, sederhana, kesan tegas lekat pada sosok satu ini. Berwawasan luas, seorang Bankir, praktisi ekonomi, Anggota Dewan yang terhormat, dan Ketua Partai. Dia adalah R. Edi Rachmat,SE.MM, Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat ( HANURA) Kota Surabaya.

Bapak dua putra satu putri, si Sulung Maulana Muhamad Sageri, Muhamad Robby, dan Zihan Sophia Rahmah ini lahir di Bogor 6 Desember 1963. Dia menyelesaikan pendidikan SMP tahun 1977, SMA tahun 1980/1981. Kemudian masuk AKABRI sampai tahun 1984, lalu kuliah, Stratra I ( S.1) Fakultas Ekonomi di Universitas Pakuan Bogor, lulus 1989. Sementara gelar pasca sarjananya ( S.2), di peroleh dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ABI Surabaya tahun 2005.

Pria beristrikan Mayor TNI AD, Ny. Nanik Sri Sunarti, dikenal koleganya di DPRD Kota Surabaya, seorang sosok bersahaja. Sebelum mengemban amanah sebagai anggota legislative, banyak tugas serta profesi dilakoni. Pria Low Profile yang sederhana ini mengawali kariernya di Bank swasta di kota Metropolis. Bekerja di Bank dijalanin penuh dedikasi, dan akuntabel. Setelah kerja profesionalnya di Bank mencapai puncak sukses, Kang Edi, demikian Ketua DPC Partai HANURA ini akrab di sapa, justru memilih resign.

“ Saya mundur, dari Bank, “ katanya. Kang Edi,mengaku pingin menggeluti profesi baru yang lebih menantang. Lalu terjunlah ke bidang Politik, dan Partai Hanura sebagai pilihannya. Kenapa Partai Hanura ?. Edi pun tangkas menjawab, “ Karena visi –misi-nya sesuai dengan jiwa saya,”jawabnya. Edi Rachmat – pun mendaftar sebagai Caleg DPRD Kota Surabaya dari Dapil 4, pada pileg 2014, dan sukses mendulang suara terbanyak, duduklah akhirnya ia sebagai Anggota Dewan.

Dunia politik bagi anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya ini bukan hal baru. Sejak mahasiswa anak kolong ini sudah menjadi seorang aktivis politik dikampusnya. Ia juga pernah duduk menjadi ketua Senat mahasiswa Forum Komunikasi Islam (FKI), dan menjadi resimen tahun 1986, serta aktif di BP. Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bogor .

Berbagai organisasi yang di masuki disamping memperkaya pengalaman juga menjadikan figur ini semakin matang . Tak heran jiwa aktivis yang masih kental itu mewarnai sikap politiknya tatkala mengemban tugas sebagai wakil rakyat. Tak sedikit regulasi yang keluar menjadi produk bersama Pemerintah Kota Surabaya, berkat sumbangsihnya.

“ Bagi saya politik adalah sebuah alat untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan rakyat,” katanya. Oleh sebab itu sebagai wakil rakyat kang Edi, berupaya mendedikasikan seluruh pemikiran, tenaga, serta kewenangan yang melekat pada dirinya untuk kemaslahatan. Totalitas mengabdi dan berbhakti menjadi bagian denyut nafasnya itu tervisualkan pada rekam jejaknya sebagai seorang Anggota DPRD.
Berkat dedikasinya itu, suami Mayor TNI Ny. Nanik Sri Sunarti ini, di dorong oleh rekan – rekan pengurus dan kader Partai baik di PAC maupun DPC agar bersedia memimpin Partai Hanura Kota Surabaya. Desakkan para kader dan fungsionaris Partai Hanura , pada Edi Rachmat, untuk memimpin Hanura Kota Surabaya dengan pertimbangan strategis agar Partai Hanura bisa maju serta besar ditengah tantangan yang menghadang.

Sebagai seorang kader yang loyal, Edi Rachmat pun mengabulkan. Setelah setuju, melalui proses konstitusi Partai, DPC atas rekomendasi DPD menggelar Muscablub pada 14 Desember 2016, dan Edi Rachmat, secara aklamasi terpilih sebagai Ketua DPC Partai Hanura Kota Surabaya, periode 2016 -2020.

Kang Edi langsung bekerja untuk Partai. Yang langsung di garap begitu amanah Ketua DPC Partai Hanura Kota Surabaya diterimanya, adalah melakukan konsolidasi internal, dibarengi pembentukan struktur kepengurusan DPC, di lanjutkan revitalisasi struktur Pengurus Anak Cabang (PAC) 31 Kecamatan dan Pengurus Ranting pada 163 Kelurahan, se –wilayah Kota Surabaya .

Seluruh pengurus partai baik DPC, PAC serta Ranting, hendaknya saling mengisi serta mendukung melaksanakan program Partai. Program partai dapat di sampaikan secara utuh kepada public. Untuk itu personal approach harus terus dibangun ditengah masyarakat, sehingga program Partai Hanura berjuang untuk dan demi kemaslahatan public nantinya benar –benar dapat diwujudkan.

Erat kaitannya dengan itu, Kang Edi, demi mensupport agenda kerja kelembagaan, mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi masing –masing bidang. Parameter untuk mengukur efektifitas kinerja pengurus internal DPC, per tiga bulan sekali, bakal di lakukan evaluasi kinerja kepada tiap -tiap pengurus DPC. Bagi pengurus yang dinilai berkinerja buruk bakal di evaluasi.

“ Pengurus yang tidak mampu jalankan tugas Partai, harus di reposisi,”tegasnya. Sikap tegas itu di ambil bukan di dasari like and like namun murni di lakukan untuk kebutuhan Partai. Partai tutur kang Edi butuh pengurus berjiwa militant yang mampu menjalankan agenda kerja kelembagaan Partai secara baik, supaya memperoleh simpati masyarakat luas. “ Caranya, ya harus dibarengi kerja nyata,” tandas dia lagi.

Sibuk mengurus Partai dan ngejalanin sebagai anggota dewan, tak lantas membuat Kang Edi tidak punya waktu untuk keluarganya. Baginya keluarga tetap menjadi hal yang paling utama . “ Keluarga tetap menjadi yang utama,”tutur dia. Dua putranya, Maulana Muhamad dan Muhammad Robby tengah menempuh pendidikan militer di Akmil darat tingkat dua Sersan Taruna di Magelang.

Sementara si bungsu saat ini masih kelas III SD. Perjalanan karier R. Edi Rachmat, sebagai anggota legislative dan petinggi partai di Surabaya, pastinya tak dapat di lepaskan supporting serta doa istri bersama putra –putrinya. Keluarga menjadi satu factor kunci tokoh ini dalam mendarma bhaktikan dirinya menjalankan tugasnya selaku wakil rakyat dan membangun Partai Hati Nurani Rakyat, kota Surabaya, menjadi besar dan di cintai public dalam rangka mempersiapkan pileg tahun 2019 mendatang. (hery)