11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Soal Sengketa Gedung PDAM, Risma Lapor KPK

Surabaya, KabarGress.Com – Rupanya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah melaporkan kasus sengketa kepemilikan Gedung PDAM di Jalan Basuki Rahmat yang menjadi cagar budaya ke Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK). Hal tersebut diutarakan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini seusai melakukan peresmian sekolah SMPN 46 di kawasan jalan Mayjend Sungkono Kamis (12/1/2017).
Dalam kesempatan tersebut Risma mengakui bahwa pihaknya telah melaporkan sengketa tersebut kepihak anti rasuah tersebut. “Kita sudah komunikasi intens dengan KPK. Mereka (KPK) minta siapa saja dalam prosesnya disitu,” kata Wali Kota Tri Rismaharini kepada wartawan.
Namun ketika ditanya sejak kapan kasus tersebut dilaporkan ke KPK,  wali kota perempuan pertama di Surabaya ini mengaku sudah sejak lama. “Ya sudah lama itu” jawabnya singkat.
Selain melaporkan ke KPK, Risma menyebut pihaknya juga sudah mengajukan banding ke Mahkamah Agung atas sengeketa kepemilikan Gedung PDAM Surabaya yang pernah menjadi markas BKR saat masa penjajahan dulu. “Ya ini kita lagi banding ke MA,” imbuh Risma.
Sementara itu, terkait rencana Museum Air yang ada di Gedung PDAM yang juga menjadi eks Markas BKR di Jalan Basuki Rahmat diresmikan? Risma menjawab masih melihat kondisi. “Nanti lah kita lihat dulu,” pungkas Risma. (tur)