11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Pemprov Jatim Perkuat Pendidikan Vokasional

Gresik, KabarGress.com – Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)yang menuntut kompetisi dan kompetensi seperti saat ini, Pemprov Jatim terus memperkuat pendidikan vokasional. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing industri. Salah satu cara yang dilakukan yakni dengan menambah persentase pendidikan berbasis vokasional. Saat ini, rasio Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jatim yakni 35%:65%. Idealnya yakni 30% untuk SMA dan 70% untuk SMK.
Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf seusai Pembukaan Semen Indonesia Award on Innovation (SMI AI) 2015-2016 di Wisma Djendral Achmad Yani PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk, Jl. Veteran Gresik, Senin (9/1) pagi.
Ia mengatakan, di tingkat SMK harus diberikan pendidikan vokasional yang tuntas, sehingga lulusan SMK siap menjadi tenaga kerja yang ahli siap pakai dan tidak perlu masuk BLK lagi.
Berdasarkan data yang diperoleh Wagub Jatim Gus Ipul, dari 1900 lebih SMK di Jatim, sebanyak 200 diantaranya negeri yang sudah berstandar internasional. Sementara sisanya swasta, baru 45% berstandar internasional. Untuk lulusan pondok pesantren digabungkan dengan SMK Mini. Ini dilakukan guna memenuhi standar tenaga kerja yang dibutuhkan pasar industri.
Pemprov Jatim, jelas Wagub, mendirikan 270 SMK Mini atau Balai Latihan Kerja (BLK) Plus yang memberikan pendidikan selama enam bulan dengan ilmu keahlian sesuai kebutuhan pasar. Setelah enam bulan dididik, mereka keluar dengan membawa sertifikat dengan standard internasional. Ijazah atau sertifikat ini bisa digunakan untuk melamar sesuai dengan lowongan yang dibutuhkan.
Dengan begitu setiap tahun, Jatim mendidik 50 lebih tenaga-tenaga terampil. Dengan inovasi di bidang permesinan, ternyata efeknya jauh lebih besar. Belum lagi inovasi di bidang packaging. Itu sangat mempengaruhi daya saing.
Sementara itu, dalam sambutannya, Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto mengatakan, Kementerian Perindustrian telah memfokuskan pengembangan pendidikan vokasi industri yang berbasis kompetensi serta memiliki keterkaitan dan kesepadanan (link and match) antara SMK dengan dunia industri seperti dengan Semen Indonsia yang mempunyai cabang di berbagai tempat.
Ditambahkan, pendidikan vokasi diharapkan mampu menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten sesuai kebutuhan di dunia industri saat ini, sehingga tidak ada lagi kesenjangan antara kebutuhan tenaga kerja industri dengan tenaga kerja yang tersedia.
Khusus untuk pelatih-pelatih yang sudah pensiun di industri, tetapi masih mempunyai semangat, maka pelatih tersebut akan dialihkan menjadi guru di SMK. “Ada win-win solution antara masyarakat dengan industri. Sehingga masyarakat bisa siap menggunakan kemampuannya di dunia industri,” katanya.
Ia berharap Semen Indonesia Group dapat mendukung dan membuat program pendidikan vokasi yang bekerja sama dengan sekolah kejuruan di sekitar pabrik maupun daerah lainnya, sehingga kebutuhan tenaga kerja dapat dipenuhi oleh tenaga kerja lokal.
Berkaitan dengan daya saing industri, ia menjelaskan, saat ini pelaku di seluruh dunia sedang bertransformasi untuk menyambut Revolusi Industri yang keempat atau dikenal dengan istilah Industri 4.0 yang menekankan pada Platform Internet of Things untuk mencari langkah-langkah efisiensi dan optimalisasi proses produksi. Tujuannya agar mencapai output yang maksimal.
Kementerian Perindustrian, lanjutnya, mengkaji beberapa industri untuk dikembangkan sebagai sektor pionir bagi perkembangan industri 4.0 di Indonesia. Untuk itu, diharapkan industri semen termasuk perusahaan semen pada Semen Indonesia Group melakukan transformasi sesuai dengan perkembangan teknologi industri 4.0 yang dapat diterapkan secara bertahap.

Rangkaian HUT PT Semen Indonesia

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Benny Sampir Wanto menjelaskan acara SMI AI 2015-2016 merupakan rangkaian dari Peringatan HUT ke-4 PT. Semen Indonesia (Persero), Tb. Kegiatan dmaksudkan untuk menumbuhkan semangat dan budaya berinovasi, serta mendorong sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan inovatif. Di banding tahun lalu, terdapat peningkatan sebanyak 3% dalam jumlah proposal yang diajukan. Untuk SMI AI kali ini terdapat sebanyak 422 proposal inovasi.
Hadir dalam kegiatan tersebut, jelasnya, Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto, Wagub Jatim Gus Ipul, DPR RI Komisi VI Bambang dan Azam, Bupati Gresik Sambari Halim, Dirjen IKTA dan Dirjen IKM, Dirut Semen Indonesia Riskan Candra, Dirut Semen Gresik Sunardi Priono Mukti, Dirut Semen Tonasa Unggul Atas, Dirut Semen Padang Beni Wendri, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Jatim Moch. Ardi Prasetiawan. (Ant)