11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Kemenkes dan Kalbe Farma Kampanye Lawan Diabetes

Seremoni Peresmian Indonesia Lawan Diabetes bersama KeMenKes-3Surabaya, KabarGRESS.com – Dalam rangka memerangi prevalensi penyakit Diabetes di Indonesia, PT Kalbe Farma Tbk bermitra dengan Kementerian Kesehatan, dan menggalang Gerakan Indonesia Lawan Diabetes. ”Sejalan dengan visi dan misi PT Kalbe Farma Tbk untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik, Kementerian Kesehatan yang dalam hal ini fokus kepada penyandang Diabetes di Indonesia, saling bahu-membahu dalam menggalang Gerakan Indonesia Lawan Diabetes,” jelas Ridwan Zalie selaku Manager Diabetasol PT Kalbe Farma Tbk., pada acara pembukaan Gerakan Indonesia Lawan Diabetes, di Ballroom Hotel Novotel, Jl. Raya Ngagel No. 173-175, Surabaya, Sabtu (3/9/2016).

Dyah Erti Mustikawati, Perwakilan Kementerian Kesehatan, yang berkenan hadir di acara tersebut, mengungkapkan dari data Riskesdas 2007 dan 2013, menunjukkan adanya peningkatan prevalensi Diabetes dari 5,7% menjadi 6,9% atau sekitar 9,1 juta jiwa. “Hal ini sesuai dengan estimasi International Diabetes Federation (IDF) 2015, bahwa penyandang Diabetes di Indonesia diperkirakan mencapai 10 juta jiwa. Mengacu pada data tersebut, jika Indonesia tidak melakukan intervensi, diperkirakan pada 2040, penyandang Diabetes akan mencapai 16,2 juta jiwa. Diabetes sendiri saat ini sudah menjadi penyakit pembunuh nomor 3 di Indonesia (6,7%) merujuk pada data Sample Registration Survey (SRS) 2014, melebihi penyakit menular seperti Tuberkulosis, MaIaria dan Diare,” terang Dyah.

Pada kesempatan sama, Ketua Persatuan Diabetes Indonesia, Prof. Dr. Agung Pranoto, dr Mkes, SpPD, KEMD, FINASIM, mengingatkan juga bahwa penderita diabetes di Indonesia terus bertambah tiap tahunnya. Diabetes menjadi fenomena di tingkat global, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. “Menjadi tugas kita bersama dalam menanggulangi angka prevalensi penyakit Diabetes di Indonesia,” tandasnya.

Prosesi Penyematan Pin ILD-2Ridwan Zalie selaku Manager Diabetasol PT Kalbe Farma Tbk., menjelaskan, ”Indonesia Lawan Diabetes merupakan program kemitraan antara PT Kalbe Farma Tbk dengan Kementerian Kesehatan, berupa seminar edukasi Diabetes baik kepada masyarakat awam maupun tenaga medis, serta ajakan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam 50.000 aksi #lndonesiaLawanDiabetes”.

Dengan mengangkat tema Post Meal Glucose Management (manajemen lonjakan gula setelah makan), seminar edukasi tenaga medis akan diadakan di 5 kota besar di Indonesia dengan mengutamakan dokter umum, ahli gizi, perawat dan apoteker. Sementara edukasi untuk awam akan berjalan di lebih dari 43 kota di seluruh Indonesia. Seminar ini juga mengangkat topik obesitas sebagai faktor risiko yang bisa menyebabkan Diabetes, karena kegemukan dan obesitas digabungkan dengan kurangnya aktivitas fisik, berkontribusi terbesar terhadap penyakit Diabetes secara global.

Berdasarkan data WHO (2014), 90% dari perkiraan 422 juta penyandang Diabetes di seluruh dunia, menderita Diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Data Riskesdas 2013 juga menunjukkan bahwa 2 dari 3 orang penyandang Diabetes, tidak menyadar bahwa dirinya menderita Diabetes. Ini yang menjadi salah satu misi dari Gerakan Indonesia Lawan Diabetes, bahwa dengan melakukan perubahan gaya hidup dan deteksi dini, penyakit Diabetes bisa dicegah dan hal ini sejalan dengan misi Kementerian Kesehatan tahun ini untuk Cegah, Obati dan Lawan Diabetes.

Prof. dr. Agung - Ibu Dyah Erti perwakilan Kemenkes - Ridwan Zalie brand manager DiabetasolPT Kalbe Farma Tbk, sebagai perusahaan di bidang kesehatan yang konsisten berinovasi untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat, melansir aplikasi digital Diabetes Solution Center dengan 4 fitur yaitu Diabetes Diary, yang mampu melakukan monitoring kadar gula darah yang dilengkapi fitur pengingat dan alarm; Ask the Expert yaitu konsultasi online dengan ahli Diabetes; Tips and Information seputar Diabetes; Delivery Service untuk kenyamanan berbelanja yang Iebih praktis dengan Iayanan antar 1×24 jam serta menerima manfaat sebagai anggota Kalbe Family. Aplikasi ini dapat diunduh di play store maupun application store pada smartphone atau diakses Iewat www.diabetessolution.co.id. PT Kalbe Farma Tbk dan Kementerian Kesehatan, bersama-sama melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi ini baik kepada praktisi medis maupun masyarakat pada umumnya.

Dalam rangka ulang tahunnya yang ke-50, PT Kalbe Farma Tbk juga melansir microsite www.indonesialawandiabetes.com untuk menampung 50.000 aksi #IndonesiaLawanDiabetes yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dengan posting foto aksi cek gula darah, aksi olahraga secara rutin atau aksi pola makan 3J (Jadwal, Jumlah dan Jenis). Seluruh aksi yang terkumpul hingga World Diabetes Day bulan Nopember 2016, akan dikonversi menjadi bentuk dukungan berupa cek darah dan pangan nutrisi untuk didonasikan kepada Iayanan kesehatan di berbagai wilayah di Indonesia yang memiliki prevalensi Diabetes tinggi.

Sarah Sechan sebagai figur masa dan juru bicara untuk Gerakan Indonesia Lawan Diabetes mengangkat pentingnya gaya hidup sehat, ”Gaya hidup moderen yang serba instan dan praktis membuat sejumlah orang malas menjalankan pola hidup sehat yang pada akhirnya, menjadi sumber berbagai penyakit. Kesadaran akan pentingnya menjaga pola makan dan olahraga secara teratur, bisa menjauhkan kita dari berbagai risiko kerugian. Saya sendiri tidak menderita Diabetes tapi menjalankan diet dengan teratur. Bukan hanya untuk menjaga penampiian, tetapi sebagai tindakan preventif”.

“Harapannya, lewat momentum prioritas penanggulangan Diabetes oleh Kementerian Kesehatan, kemitraan dengan PT Kalbe Farma Tbk, bisa menjadi langkah awal dalam meminimalisir jumlah penderita Diabetes di Indonesia,” tutup Ridwan Zalie selaku Manager Diabetasol PT Kalbe Farma Tbk. (ro)

Teks foto:

  • Seremoni Peresmian Indonesia Lawan Diabetes.
  • Prosesi penyematan PIN Indonesia Lawan Diabetes.
  • Ketua Persatuan Diabetes Indonesia, Prof. Dr. Agung Pranoto, dr Mkes, SpPD, KEMD, FINASIM, Dyah Erti Mustikawati, Perwakilan Kementerian Kesehatan, serta Ridwan Zalie selaku Manager Diabetasol PT Kalbe Farma Tbk., pada acara pembukaan Gerakan Indonesia Lawan Diabetes, di Ballroom Hotel Novotel, Jl. Raya Ngagel No. 173-175, Surabaya, Sabtu (3/9/2016).